Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor

Studi Kasus pada Kantor Bersama Samsat Karangasem

  • Ni Kadek Suarniti Universitas Hindu Indonesia
  • Cokorda Gde Bayu Putra Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Taxpayer, attention, provider, high-quality, tax compliance

Abstract

Taxpayer compliance has always been an important component in increasing tax revenue. This observe aims to decide how much affect Taxpayer consciousness, Tax Sanctions, and best of service have on Motor Vehicle Taxpayer Compliance. The populace in this study have been all taxpayers registered on the SAMSAT Karangasem Workplace, amounting to 897,982 and the sample in this observe turned into a hundred respondents calculated based at the unintentional slovin sampling components. Statistics turned into accumulated through the use of a survey method thru a questionnaire. The records analysis method used in this research is multiple linier regression. Primarily based at the analysis, it shows that taxpayer awareness has a wonderful and sizable impact on Taxpayer compliance, tax sanctions havent any extensive impact on taxpayer compliance, while provider first-class has a wonderful and huge impac

References

Ajzen, Icek. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, Vol 50, pp: 179-211.

Cahyadi, I. M. W., & Jati, I. K. (2016). Pengaruh Kesadaran, Sosialisasi, Akuntabilitas Pelayanan Publik Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16, 2342–2373.

Dharma, G. P. E., & Suardana, K. A. (2014). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud),Bali, Indonesia negara untuk mengatasi masalah sosial , meningkatkan kesejahteraan dan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1, 340–353.

Ghozali, Iman. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Muliari, N. K., & Setiawan, P. E. (2011). Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 1–23.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Revisi.

Rusmayani, N. M. L., & Supadmi, N. L. (2017). Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan, Sanksi Dan Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana ISSN: 2302-8556, 20(1), 173–201.

Radarbali.jawapos.com. (2018). PAD Bali Rp 3 Triliun Lebih, Pajak Kendaraan Penyumbang Tertinggi.Www.Radarbali.Jawapos.Com.https://radarbali.jawapos.com/ekonomi/01/02/2018/pad-bali-rp-3-triliun-lebih-pajak-kendaraan-penyumbang-tertinggi

Sanjaya, I. P. A. P. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan, kewajiban moral dan sanksi perpajakan pada kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak hotel. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1(7), 207–222.

Samudra, & Azhari Aziz. (2015). Perpajakan di Indonesia?: Keuangan, Pajak Dan Retribusi Daerah.

Subarkah, J., & Dewi, M. W. (2017). Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Dan Ketegasan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Sukoharjo. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02), 61–72.

Suari, D. P. A. M., Yuesti, A., & Dewi, N. P. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Perpajakan, Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama Samsat Gianyar. 896–903.

Widnyani, I. A. D., & Suardana, K. (2016). Pengaruh Sosialisasi, Sanksi Dan Persepsi Akuntabilitas Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, 16(3), 2176–2203.

Wardani, D. K., & Rumiyatun, R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1), 15.

Widyana, D. P. G., & Putra, I. N. W. A. (2020). Pengaruh Kesadaraan Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.

Published
2022-04-29
How to Cite
Suarniti, N., & Putra, C. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Hita Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 108-116. https://doi.org/10.32795/hak.v3i2.2346

Most read articles by the same author(s)