Pengaruh Kompetensi Dosen Akuntansi, Metode Mengajar Dosen Akuntansi, Dan Kecerdasan Intelektual Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi

Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Hindu Indonesia

  • Putu Angelia Marheny Universitas Hindu Indonesia
  • I Wayan Sudiana Universitas Hindu Indonesia
  • Anak Agung Ketut Agus Suardika Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Competence, Teaching Method, Intellectual Intelligence

Abstract

The level of student accounting understanding must be considered to create quality accounting students. This study aims to determine the effect of the competence of accounting lecturers, teaching methods of accounting lecturers, and intellectual intelligence of accounting students on the level of accounting understanding of students in the accounting study program at the Hindu University of Indonesia. All students of the accounting study program at the Hindu University of Indonesia were the population, while the object of research (sample) were 7th semester students who had already received a full accounting course, as many as 225 people. The sampling technique used was purposive sampling method. The data were tested using validity test, reliability test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, multiple regression analysis, hypothesis testing and coefficient of determination. The results showed that the variables of accounting lecturer competence, accounting lecturer teaching methods, and accounting students' intellectual intelligence had a positive and significant effect on the level of accounting understanding of students.

References

Ayu Rusmiani, N, K dan Widanaputra A, A, G, P. 2017. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual Dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi“. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 20. No. 2, Hal 959-985.

Badan Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (n.d). Paham (Def. 1) Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. dilihat 25 Desember 2021. <https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/paham>

Baradja, L dan Oktaviani, A, A. 2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Mahasiswa Dan Metode Pengajaran Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Trisakti. Vol. 8. No. 2. Hal 41-50.

CNN Indonesia. 2021. 5 Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia. dilihat 24 Mei 2021. <https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210223144414-104-609845/5-masalah-ketenagakerjaan-di-indonesia >

Ghozali, I. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hendra, P, W, P dan Maria M, R, S. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Fasilitas Belajar dan Kompetensi Dosen Terhadap Persepsi Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi”. E-Jurnal Akuntansi. Vol. 29. No. 3. Hal 1083-1093.

Hidayat, R dan Hati, R, P. 2017. Pengaruh Kualitas Dosen Dan Metode Mengajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Equilibiria. Vol. 4. No. 1, Hal 1-20.

Indra, W, A, A, N. 2018. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Metode Mengajar, Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”. Skripsi Universitas Mercu Buana. Hal 1-68.

Kumparan News. 2017. Menristekdikti Sesalkan Kualitas Lulusan Perguruan Tinggi. dilihat 24 Mei 2021<https://kumparan.com/kumparannews/menristekdikti-sesalkan-kualitas-lulusan-perguruan-tinggi>

Laksmi, G, N,P dan Wirawati, N, G, P. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi”. E-Jurnal Akuntansi. Vol. 28. No. 2. Hal 1377-1404.

Melandy, R dan Aziza, N. 2006. “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi”. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.

Mulyadi, A dan Rozak, M, A. 2019. “Pengaruh Kompetensi Dan Profesionalisme Dosen Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi”. Journal of Accounting Science. Vol. 3. No.1. Hal 1-17.

Robbins dan Judge. 2008. Perilaku Organisasi Edisi Duabelas. Jakarta : Salemba Empat.

Rohmah, N. 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Dan Kompetensi Dosen Terhadap Pemahaman Akuntansi. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Hal 1-101.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Sonya, A, W dan Herry, S, A, G. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Stie Triatma Mulya”. Journal Research Accounting. Vol. 01. No. 1. Hal 30-44.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT. Alfabeta Cipta.

Sukma, I dan Sari, R. 2018. Analisis Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan. Vol. 7. No. 1. Hal 72-85.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Widayati, A. 2004. “Metode Mengajar Sebagai Strategi Dalam Mencapai Tujuan Belajar Mengajar”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. III. No. 1. Hal 66-70.

Yanuardianto, E. 2019. Teori Kognitif Sosial Albert Bandura. Jurnal Auladuna. Vol. 01. No. 02. Hal 94-111.

Zohar, D dan Ian M. 2004. Spiritual Capital: Wealth We Can Live By. San Francisco : Berrett-Koehler Publishers.

Published
2022-04-29
How to Cite
Marheny, P. A., Sudiana, I. W., & Suardika, A. A. K. A. (2022). Pengaruh Kompetensi Dosen Akuntansi, Metode Mengajar Dosen Akuntansi, Dan Kecerdasan Intelektual Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi: Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Hindu Indonesia. Hita Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 12-24. https://doi.org/10.32795/hak.v3i2.2350