Analisis Penggunaan Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (ARKAS) Dalam Mengelola Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SMPN 4 Gerokgak Kabupaten Buleleng

  • Ni Komang Meri Ardhiani Universitas Hindu Indonesia
  • Putu Cita Ayu Universitas Hindu Indonesia
Keywords: School Budget Activity Plan Application, BOS Fund, BOS Fund Management

Abstract

The process of managing the School Operational Assistance Fund needs to be considered, especially in the process of preparing accountability reports. This is because currently there are still delays in reporting to the Central Office, one of which is caused by manual formulation of reports This study aims to find out how to use the School Budget Activity Plan Application in terms of managing the School Operational Assistance Fund in Gerokgak 4 Public Junior High School, Buleleng Regency. in research using descriptive qualitative methods with observation, interviews, and documentation as a form of data collection. The results of this study indicate that the use of the School Budget Activity Plan Application is seen from three indicators namely planning, implementation, until the reporting as a whole has been running well and in accordance with applicable regulations. Even though at the planning stage the school had experienced problems related to several school shopping needs that were not available in the application. So the school has to report this to the Education Office and this problem has been resolved properly. This application is integrated with the Local Government Information System to provide convenience for SMP Negeri 4 Gerokgak in reporting the use of the School Operational Assistance Fund. Therefore, delays in reporting can be properly resolved.

References

Ahmad, R., Dwianika, A., Studi Akuntansi, P., Pembangunan Jaya, U., & Selatan, T. (2021). Analisa Penggunaan Perangkat Lunak dalam Mendukung Pembukuan Keuangan Sekolah. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi) (Vol. 13, Issue 1).

Mardiasmo. (2018). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi

Miles, M. B, Huberman, A.M dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohid, UI-Press.

Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Manajemen berbasis sekolah: konsep, strategi, dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Pebrianto, D., Stie, D. A., & Balikpapan, M. (2022). Analisis Sistem Informasi Akuntansi dalam Pengeluaran Kas pada Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler (Studi Kasus pada SD Al-Imam Islamic School Balikpapan). Jurnal Akuntansi Manajemen Madani (Vol. 8, Issue 2).

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah pada Pemerintah Daerah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2009 Tentang Standar Anggaran Operasi Non Personalia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasonal Sekolah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 2 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggar aan Pendidikan Anak Usia Dini, Bantuan Operasional Sekolah, dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan.

Purwantini, K., Danang, D., Nasekah, S. (2020). Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Berbasis Multiuser di SMK Pati Unus Karangawen. Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 13 (1), 24-36.

Rosdiana, R., Kartini, T., & Nurmilah, R. (2021). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Dana Bantuan Operasional Sekolah. Competitive Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Vol 5 (1), 185–193.

Salatnaya, R., Morasa, J., Budiarso, N. S. (2022) Analisis Pelaporan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado. Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing "GOODWILL (Vol. 13, Issue 1).

Salinan Persesjen No 13 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan ARKAS.

Sari, Indah. (2021). Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi Kasus pada Satu SD Negeri di Binjai Utara). Skripsi: Medan. UIN (Tidak Dipublikasikan).

Silaen, S. (2018). Metodologi penelitian sosial untuk penulisan skripsi dan tesis (Edisi revisi,23). In Media: Bandung

Srii.(2022). ARKAS Integrasikan Pengelolaan Dana BOS dengan SIPD.Kominfo.Go.Id.https://www.kominfo.go.id/content/detail/40011/arkasintegrasikan-pengelolaan-dana-bos-dengan sipd/0/berita diakses pada tanggal 10 november 2022.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, R.A. (2018). Akuntansi Keperilakuan. Yogyakarta: UGM PRESS Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyuni, E. D., Leniwati, D., Rahajeng, E. R., (2022) Penataan Administrasi Keuangan Sekolah Berbasis Excel pada SD Muahammadiyah 4 Kota Malang. Akuntansi dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (3),150 -155.

Yulyanti, Y., Rakib, M., & Rahman, N. (2022). Pengaruh Aplikasi Rencana Kerja Anggaran Seklah Terhadap Akuntabilitas dan Transaparansi Dana BOS. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(1), 251.

Published
2024-04-30
How to Cite
Ardhiani, N. K., & Ayu, P. (2024). Analisis Penggunaan Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (ARKAS) Dalam Mengelola Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SMPN 4 Gerokgak Kabupaten Buleleng. Hita Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 50-61. https://doi.org/10.32795/hak.v5i2.4324

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>