Knowledge Management dalam Organisasi

  • Made Adi Widyatmika Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
  • Tjokorda Putra Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
  • Made Novia Indriani Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: knowledge management, implementasi, organisasi komersial, organisasi pendidikan

Abstract

Knowledge Management (KM) adalah suatu pengorganisasian pengetahuan yang dimiliki  oleh  individu  dalam  sebuah  organisasi.  Dengan  knowledge  management, suatu pengetahuan yang dimiliki individu akan dapat menjadi pengetahuan organisasi sehingga bermanfaat bagi organisasi terutama dalam meningkatkan daya saing bisnis organisasi. Dengan banyaknya knowledge management yang telah diterapkan di beberapa  organisasi  di Indonesia ,   maka perlu dilakukan review kembali mengenai penelitian terkait bagaimana   implementasi knowledge  management  pada organisasi komersial  dan organisasi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan study literatur. Dari hasil penelitian tersebut didapat kan bahwa implementasi knowledge management pada organisasi komersial PT Telkom Indonesia berdasarkan pengukuran kinerja dinyatakan sedang yaitu bahwa pengetahuan dalam kampiun belum memberikan hasil kinerja pegawai menjadi lebih maksimal. Sedangkan implementasi knowledge management pada organisasi  pendidikan ITB Bandung, menunjukkan bahwa kebijakan teknis mendukung untuk manajemen pengetahuan digambarkan dalam visi, misi dan tujuan , penerapan manajemen pengetahuan dilihat dari aspek orang dilakukan melalui pengembangan kompetensi sumber daya manusia, proses manajemen pengetahuan sejalan dengan "Tridharma Perguruan Tinggi dengan penggunaan teknologi informasi. Untuk membuat pengetahuan tacit baru dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain melalui pertemuan, lokakarya, seminar, dan lain-lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Gharibeh, K.M. (2011) The Knowledge Enablers of Knowledge Transfer: An Empirical Study in Telecommunications Companies. IBIMA Publishing. http://www.ibimapublishing.com/journals/I BIMABR/ibimabr.html.Vol. 2011, Article ID 328944, 13 pages DOI: 10.5171/2011.32894.

Dalkir, K. (2005). Knowledge Management In Theory and Practice. USA Linacre House, Jordan Hill, Oxford OX2 8DP, UK Elsevier Butterworth–Heinemann 30 Corporate Drive, Suite 400, Burlington, MA 01803.

Nonaka,I at.al (2008) Managing Flow A Process Theory of the Knowledge-Based Firm. PALGRAVE MACMILLAN Houndmills, Basingstoke, Hampshire RG21 6XS and 175 Fifth Avenue, New York, N.Y. 10010.

Petrides, L.A. & Nguyen, L. (2006) Knowledge Management Trends: Challenges and Opportunities for Educational Institutions. Metcalfe, Amy Scott (editor), Knowledge Management and Higher Education. A Critical Analysis (hlm 21-33). Published in the United States of America by Information Science Publishing (an imprint of Idea Group Inc.) 701 E. Chocolate Avenue Hershey PA 17033.

Polanyi, M. (1962) Personal Knowledge Towards a post-critical philosophy. Routledge is an imprint of the Taylor & Francis Group.This edition published in the Taylor & Francis e- Library, 2005.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uriarte, Jr. F.A. (2008) Introduction to Knowledge Management. Published by the ASEAN Foundation, Jakarta, Indonesia.

Sangkala. Knowledge Management: Pengantar Memahami Bagaimana Organisasi Mengelola Pengetahuan Sehingga Menjadi Organisasi Yang Unggul. 2007. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sedarmayanti. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. 2001. Bandung : Mandar Maju

Tiwana, Amrit. The Knowledge Management Toolkit. 1999. USA : Prentice Hall PTR Tobing, Paul L. Knowledge Management: Konsep, Arsitektur dan Implementasi.2007. Yogyakarta : Graha Ilmu

Widayana, Lendy. Knowledge Management: Meningkatkan Daya saing Bisnis. 2005. Malang : Bayu Media
Published
2019-10-07
How to Cite
Widyatmika, M. A., Putra, T., & Indriani, M. N. (2019). Knowledge Management dalam Organisasi. Widya Teknik, 13(02), 1-15. https://doi.org/10.32795/widyateknik.v13i02.505