Knowledge Management dalam Organisasi
Abstract
Knowledge Management (KM) adalah suatu pengorganisasian pengetahuan yang dimiliki oleh individu dalam sebuah organisasi. Dengan knowledge management, suatu pengetahuan yang dimiliki individu akan dapat menjadi pengetahuan organisasi sehingga bermanfaat bagi organisasi terutama dalam meningkatkan daya saing bisnis organisasi. Dengan banyaknya knowledge management yang telah diterapkan di beberapa organisasi di Indonesia , maka perlu dilakukan review kembali mengenai penelitian terkait bagaimana implementasi knowledge management pada organisasi komersial dan organisasi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan study literatur. Dari hasil penelitian tersebut didapat kan bahwa implementasi knowledge management pada organisasi komersial PT Telkom Indonesia berdasarkan pengukuran kinerja dinyatakan sedang yaitu bahwa pengetahuan dalam kampiun belum memberikan hasil kinerja pegawai menjadi lebih maksimal. Sedangkan implementasi knowledge management pada organisasi pendidikan ITB Bandung, menunjukkan bahwa kebijakan teknis mendukung untuk manajemen pengetahuan digambarkan dalam visi, misi dan tujuan , penerapan manajemen pengetahuan dilihat dari aspek orang dilakukan melalui pengembangan kompetensi sumber daya manusia, proses manajemen pengetahuan sejalan dengan "Tridharma Perguruan Tinggi dengan penggunaan teknologi informasi. Untuk membuat pengetahuan tacit baru dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain melalui pertemuan, lokakarya, seminar, dan lain-lain.
Downloads
References
Dalkir, K. (2005). Knowledge Management In Theory and Practice. USA Linacre House, Jordan Hill, Oxford OX2 8DP, UK Elsevier Butterworth–Heinemann 30 Corporate Drive, Suite 400, Burlington, MA 01803.
Nonaka,I at.al (2008) Managing Flow A Process Theory of the Knowledge-Based Firm. PALGRAVE MACMILLAN Houndmills, Basingstoke, Hampshire RG21 6XS and 175 Fifth Avenue, New York, N.Y. 10010.
Petrides, L.A. & Nguyen, L. (2006) Knowledge Management Trends: Challenges and Opportunities for Educational Institutions. Metcalfe, Amy Scott (editor), Knowledge Management and Higher Education. A Critical Analysis (hlm 21-33). Published in the United States of America by Information Science Publishing (an imprint of Idea Group Inc.) 701 E. Chocolate Avenue Hershey PA 17033.
Polanyi, M. (1962) Personal Knowledge Towards a post-critical philosophy. Routledge is an imprint of the Taylor & Francis Group.This edition published in the Taylor & Francis e- Library, 2005.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Uriarte, Jr. F.A. (2008) Introduction to Knowledge Management. Published by the ASEAN Foundation, Jakarta, Indonesia.
Sangkala. Knowledge Management: Pengantar Memahami Bagaimana Organisasi Mengelola Pengetahuan Sehingga Menjadi Organisasi Yang Unggul. 2007. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sedarmayanti. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. 2001. Bandung : Mandar Maju
Tiwana, Amrit. The Knowledge Management Toolkit. 1999. USA : Prentice Hall PTR Tobing, Paul L. Knowledge Management: Konsep, Arsitektur dan Implementasi.2007. Yogyakarta : Graha Ilmu
Widayana, Lendy. Knowledge Management: Meningkatkan Daya saing Bisnis. 2005. Malang : Bayu Media