Analisis Peran Konsultan Perencana dan Konsultan Pengawas Terhadap Keberhasilan Proyek

  • Made Novia Indriani Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
  • I Nyoman Suta Widnyana Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
  • I Putu Laintarawan Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Konsultan Perencana, Konsultan Pengawas, Keberhasilan Proyek

Abstract

Konsultan Proyek memegang peranan yang sangat penting di dalam keberhasilan sebuah proyek. Tujuan yang hendak dicapai adalah : Untuk mengetahui peranan konsultan pada tahap awal proyek yaitu tahap perencanaan dan perancangan proyek dan untuk mengetahui peranan konsultan, pada tahap konstruksi yaitu tahap pelaksanaan dan pengawasan pembangunan fisik proyek yang dilaksanakan dengan pedoman tepat mutu,tepat waktu dan tepat biaya

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis peranan konsultan perencana dan konsultan pengawas terhadap keberhasilan proyek .  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif  dengan bantuan program SPSS .

Konsultan perencana berkoordinasi dengan baik bersama tim nya dalam melakukan kegiatan antara lain : mengumpulkan data umum proyek seperti data lokasi proyek, fungsi proyek, tujuan proyek, sumber daya yag tersedia dan lain-lain yang berkaitan langsung maupun tidak langsung dalam terwujudnya proyek tersebut, menyusun pedoman persyaratan konstruksi, konsultasi dengan pemerintah terkait dengan perijinan. Pada tahap perencanaan, konsultan perencana, berkoordinasi dengan  kurang baik bersama tim nya dalam  melakukan : perencanaan arsitektur meliputi denah, tampak, potongan dan detail, perencanaan struktur meliputi perencanaan struktur atas (atap), struktur tengah (kolom) dan struktur bawah (pondasi), membuat Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS) serta menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) atau Owner Estimate (OE). Konsultan perencana berkoordinasi kurang baik  bersama tim nya dalam membantu panitia untuk menyiapkan dokumen tender dan membantu menyusun jadwal tender pada tahap persiapan tender.

Konsultan pengawas dalam berkoordinasi baik dengan tim nya, dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan konstruksi yang meliputi pengawasan mutu bahan, mutu pelaksanaan, serta waktu pekerjaan. Namun memiliki kecenderungan yang rendah pada tahap membuat laporan tentang  pekerjaan  tambah  kurang, tim konsultan pengawas berkoordinasi kurang baik  bersama tim yang terlibat. 

Keberhasilan proyek, kecenderungan nya tinggi  jika pihak owner melakukan pembayaran tepat waktu kepada konsultan perencana dan konsultan pengawas. Namun memiliki kecenderungan yang kecil, yang artinya adanya complain yang dirasakan pihak owner dalam melaksanakan kegiatan konstruksi.

Pengawasan memiliki nilai tertinggi, yang artinya peran konsultan pengawas signifikan berpengaruh  pada keberhasilan proyek. Model regresi linier berganda Y = 2,328 + 0,181X1 + 0,352X2

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amudi, P. (1981). Pengantar Statistik (keempat ed.). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ervianto, W. I. (2005). Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Andi Offset.

Ervianto, W. I. (2005). Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi Revisi). Yogjakarta: Andi Offset.

Hansen, S. (2017). Quantity Surveying, Pengantar Manajemen Biaya dan Kontrak Konstruksi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Husen, A. (2009). Manajemen Proyek : Perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian proyek. Yogyakarta: Andi.

Institute, P. M. (2008). A Guide to The Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Fourth Edition. Pennsylvania: Project Management Institut, Inc.

Kerlinger. (2006). Asas-asas Penelitian Behaviour (Edisi 3, Cetakan 7 ed.). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Korten, D. C. (1988). Penyusunan Program Pembangunan Pedesaan: Pendekatan Proses Belajar. Jakarta: Yayasan Obor

Latuperissa, J. E. (2007). Kerangka Penentuan Biaya Kontijensi Di Dalam Pelaksanaan Konstruksi. Institut Teknologi Bandung.

Lock, D. (1983). Manajemen Proyek. Jakarta: Lembaga PPM-Penerbut Erlangga. Nasional, P. B. D. P. (Ed.) (2008). Jakarta: Pusat Bahasa.

Nugraha, P., Natan, I., & Sutjipto, R. (1985). Manajemen Proyek Konstruksi 1 (1 ed.). Surabaya: Kartika Yudha.

Nurhayati. (2010). Manajemen Proyek. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soeharto, I. (1997). Manajemen Proyek : Dari Konseptual Sampai Operasional Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto, R. d. (2007). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi (kedua ed.). Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Published
2019-10-07
How to Cite
Indriani, M., Widnyana, I. N., & Laintarawan, I. P. (2019). Analisis Peran Konsultan Perencana dan Konsultan Pengawas Terhadap Keberhasilan Proyek. Widya Teknik, 13(02), 47-66. https://doi.org/10.32795/widyateknik.v13i02.509