PENDIDIKAN KELUARGA HINDU KONTEMPORER ERA 4.0 DALAM SIAR AGAMA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PADA KELOMPOK SSG PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

  • L. Eka M. Julianingsih P Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan
Keywords: pendidikan keluarga era kontemporer 4.0, penyiaran agama Hindu

Abstract

Agama Hindu adalah peradaban yang sangat kuno yang masih hidup hingga saat ini, di zaman modern, dengan perkembangan peradaban yang lebih maju yang meningkatkan pemikiran dan sikap manusia dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kota-kota besar dimana masyarakat tidak berada dalam industri. . Tentu hal ini menjadi tantangan bagi umat Hindu yang mengamalkan akhlak sesuai dengan ajaran Dharma. Berangkat dari hal tersebut penelitian ini membedah tiga permasalahan, yaitu (1) Bagaimana struktur pendidikan yang dilakukan oleh kelompok SSG dalam pendidikan keluarga? (2) Bagaimana pola yang diterapkan kelompok SSG dalam pendidikan keluarga? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penelitian yang membuktikan bahwa (1) struktur pendidikan yang dilaksanakan oleh kelompok SSG dalam pendidikan keluarga dilaksanakan dengan memberikan ajaran dharma yang menantang, yaitu: Dharma gita, Dharma Wacana, Dharma tula, Dharma Sadhana, Dharma Yatra, Dharma Santi untuk membentuk karakter. (2) Pola yang diterapkan: kedekatan hubungan antara orang tua dan anak, tanggung jawab orang tua terhadap anak, lingkungan rumah yang nyaman dan prestasi anak yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-25
How to Cite
[1]
L. E. M. Julianingsih P, “PENDIDIKAN KELUARGA HINDU KONTEMPORER ERA 4.0 DALAM SIAR AGAMA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PADA KELOMPOK SSG PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH”, ds, vol. 20, no. 2, pp. 46-54, Oct. 2020.