PENDIDIKAN AGAMA HINDU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KAHARINGAN MELALUI MATA KULIAH TAWUR DI SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU NEGERI TAMPUNG PENYANG PALANGKA RAYA
Abstract
STAHN-TP Palangka Raya memahami terhadap potensi kearifan lokal Kaharingan di Kalimantan, dalam merancang dan mengimplementasikan suatu kurikulum penciri (lokal) sebagai pendamping kurikulum umum seperti pada Perguruan Tinggi Hindu di Indonesia. Kurikulum penciri tersebut melahirkan tujuh mata kuliah lokal Kaharingan yang dilaksanakan pada pendidikan agama Hindu di STAHN-TP Palangka Raya. Isi dari muatan lokal di STAHN- TP Palangka Raya adalah mata kuliah yang berkaitan dengan kearifan lokal atau ajaran dan tradisi Dayak Kaharingan. Mata kuliah tersebut yaitu Panaturan, Tawur, Tandak, Bahasa Sangiang, Acara Agama Hindu Kaharingan, Bahasa Daerah (Dayak Ngaju), Dan Theologi Hindu Kaharingan.