PROSES DIDAKTIS DALAM TRADISI NGREBEG PADA HARI PANGRUPUKAN DI DESA RAMA MURTI, KECAMATAN SEPUTIH RAMAN, KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

  • Ida Bagus Nyoman Maha Putra Universitas Hindu Indonesia
Keywords: proses didaktis. tradisi ngerebeg

Abstract

Artikel ini membahas perihal proses didaktis pelaksanaan tradisi ngerebeg pada hari pangrupukan di Desa Rama Murti, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Kampung Tengah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori religi dan teori konstruktivistik. Penelitian ini berbentuk rancangan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi langsung, teknik wawancara tak terstruktur dan Teknik studi dokumen. Data dianalisis menggunakan deskriptif interpretatif, dengan langkah redusksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh simpulan sebagai berikut. Pelaksanaan tradisi ngrebeg di Desa Rama Murti memiliki alasan teologis, mitologis, filosofis, psikologis, dan sosiologis. Proses pelaksanaan tradisi ngrebeg yaitu melalui sangkep, Matur Piuning proses ngrebeg pada hari pangrupukan, dan Nyineb.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-10
How to Cite
[1]
I. B. N. Maha Putra, “PROSES DIDAKTIS DALAM TRADISI NGREBEG PADA HARI PANGRUPUKAN DI DESA RAMA MURTI, KECAMATAN SEPUTIH RAMAN, KABUPATEN LAMPUNG TENGAH”, ds, vol. 22, no. 2, pp. 50-65, Oct. 2022.