KONTRIBUSI GENERASI Z DALAM MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA MELALUI LITERASI DIGITAL DI ABAD KE-21
Abstract
Moderasi beragama merupakan kunci utama dalam membangun keseimbangan dan kesamarataan di antara umat beragama. Abad kedua puluh satu diidentikan dengan proses digitalisasi, sehingga generasi z memiliki peran signifikan untuk membangun moderasi beragama. Berdasarkan konsep tersebut, menjadi sebuah hal urgen untuk mengkaji tentang kontribusi yang dapat dilakukan oleh generasi z dalam membangun moderasi beragama melalui literasi digital. Oleh karena itu, tujuan studi ini adalah menyajikan berbagai kontribusi yang dapat dilakukan oleh generasi z dalam membangun moderasi beragama melalui literasi digital. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini, secara khusus dengan melakukan kajian literatur yang relevan, misalnya dari artikel jurnal dan buku-buku. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan pada persoalan tentang agama dan rendahnya kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan media digital untuk membangun kepedulian dan sikap toleransi sesama beragama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa generasi z berperan penting sebagai generasi penerus bangsa Indonesia dalam membangun moderasi beragama. Adapun kontribusi generasi z dalam membangun moderasi beragama melalui literasi digital, yakni (1) membentuk komunitas literasi digital; (2) menyebarluaskan konten-konten dan informasi seputar agama yang membangun moderasi beragama; (3) melakukan pembinaan online; dan (4) menyelenggarakan lomba online.