SALARAN DALAM UPACARA BHATARA PAMIJILAN DI DESA ADAT SELAT KABUPATEN KARANGASEM

  • I Kadek Sumadiyasa Universitas Hindu Indonesia
  • Ida Ayu Putu Sari Program Studi Pendidikan Seni Rupa dan Ornamen Hindu Fakultas Pendidikan Universitas Hindu Indonesia Denpasar
  • Ida Bagus Artha Triatmaja Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Salaran, upacara, pamijilan

Abstract

Salaran merupakan wujud persembahan karya cipta seni rupa keagamaan Hindu sebagai sarana bakti kepada Tuhan yang terbuat dari hasil bumi yaitu pala bungkah, palawija, dan pala gantung. Salaran dalam upacara pamijilan ini dipersembahkan kehadapan Ida Bhatara Ngerta Gumi dan Ida Bhatara Putra Piagem. Dalam upacara pamijilan Ida Bhatara Manca Desa Tedun ngerta gumi di Bale Agung Desa Selat sebagai anugerah kesuburan dan keselamatan pada umatnya. Keberadaan salaran ini menarik untuk diteliti karena mengandung nilai-nilai seni di dalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik interpretatif. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan yakni bentuk salaran dalam upacara bhatara pemijilan di Desa Selat yakni visualisasi barong, hewan berkaki empat, perahu, ikan, makhluk mitologi. Fungsi salaran yakni pendidikan Tri Hita Karana, estetika, magis, dan religius.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-13
How to Cite
[1]
I. K. Sumadiyasa, I. A. Putu Sari, and I. B. Artha Triatmaja, “SALARAN DALAM UPACARA BHATARA PAMIJILAN DI DESA ADAT SELAT KABUPATEN KARANGASEM”, ds, vol. 23, no. 1, pp. 117-123, May 2023.

Most read articles by the same author(s)