OPTIMALISASI PELAKSANAAN METODE CONTOH KASUS DAN DISKUSI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU

  • Anak Agung Sagung Diah Yuliardayani SMP Negeri 6 Denpasar
Keywords: contoh kasus, diskusi interaktif, ekspository, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Denpasar di Kelas VIII yang kemampuan siswanya dalam mata pelajaran Agama Hindu masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode contoh kasus dan diskusi interaktif dalam pembelajaran Ekspository dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode contoh kasus dan diskusi interaktif dalam pembelajaran Ekspository dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dimana pada awalnya nilai rata-rata siswa adalah 69,87 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 76,45 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,71. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode contoh kasus dan diskusi interaktif dalam pembelajaran Ekspository dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-14
How to Cite
[1]
A. A. Yuliardayani, “OPTIMALISASI PELAKSANAAN METODE CONTOH KASUS DAN DISKUSI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU”, ds, vol. 10, no. 2, pp. 70-78, Oct. 2019.
Share |