UPAYA PASRAMAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AGAMA HINDU

(Studi di Pasraman Kertajaya Kota Tangerang)

  • Ni Ketut Sumiasih STAH Dharma Nusantara
Keywords: pasraman, motivasi, kemandirian, tanggung jawab siswa

Abstract

Pasraman merupakan tempat pembelajaran pendidikan agama Hindu. Selama ini pasraman hanya digunakan untuk pemenuhan jam pendidikan agama Hindu di sekolah, khususnya yang tidak memiliki guru agama Hindu. Seiring perjalanan waktu pasraman memiliki peran yang sangat besar untuk semua umat Hindu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa cara meningkatkan motivasi, kemandirian dan tanggung jawab siswa di pasraman Kertajaya kota Tangerang, bentuk  program yang dilakukan pasraman supaya siswa tertarik datang ke pasraman Kertajaya kota Tangerang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pengumpulan data pasraman, pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa cara meningkatkan motivasi belajar siswa dengan meningkatkan sistem pembelajaran di kelas, untuk kemandirian dengan sering mengadakan pembelajaran di luar kelas, serta untuk meningkatkan tanggung jawab dengan cara memberikan perlombaan kepada siswa. Bentuk program yang dilakukan oleh pasraman agar siswa tertarik datang kepasraman adalah dengan memberikan penghargaan kepada siswa yang rajin datang kepasraman, membuat berbagai macam perlombaan yang sifatnya di luar kelas, memberi subsidi silang kepada siswa yang kurang mampu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-14
How to Cite
[1]
N. Sumiasih, “UPAYA PASRAMAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AGAMA HINDU”, ds, vol. 19, no. 2, pp. 60-69, Oct. 2019.