PENINGKATAN KEMANDIRIAN WANITA PENYAYANG DISABILITAS MELALUI PROGRAM HWDI DI PROVINSI BALI: STUDI KASUS KOTA DENPASAR

  • Kharisma Maulidia Program Studi Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana
  • Ida Ayu Alit Laksmiwati Program Studi Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana
  • I Ketut Kaler Program Studi Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana
Keywords: Peningkatan Kemandirian, Wanita penyandang disabilitas, Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI), ektivitas program.

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Kota Denpasar dalam meningkatkan kemandirian wanita penyandang disabilitas di Provinsi Bali, dengan fokus pada studi kasus Kota Denpasar. Himpunan Wanita Disabilitas  Indonesia (HWDI)  Kota Denpasar bertujuan untuk memberdayakan wanita penyandang disabilitas agar dapat produktif dan meningkatkan kemandirian.  Penelitian ini menerapkan Teori Penberdayaan dan Teori Pendidikan sebagai kerangka konseptual. Pendekatan kualitatif dengan metode etnografi digunakan untuk menggali informasi mendalam tentang berbagai program yang diterapkan oleh HWDI Kota Denpasar. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HWDI Kota Denpasar telah berhasil mengimplementasikan beragam program yang signifikan dalam meningkatkan kemandirian anggotanya. Program-program ini termasuk pembentukan Dewan Pengurus Cabang (DPC) untuk memberikan peluang partisipasi aktif anggota dalam pengambilan keputusan organisasi, vaksinasi untuk mendukung kesehatan wanita penyandang disabilitas, capacity building untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anggota, pemeriksaan kesehatan reproduksi, telekonseling kesehatan mental, dan Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) untuk memfasilitasi kemandirian ekonomi. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan program-program serupa di tempat lain dan menyoroti peran penting organisasi seperti HWDI dalam mendorong inklusi dan pemberdayaan wanita penyandang disabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-27
How to Cite
[1]
K. Maulidia, I. A. Alit Laksmiwati, and I. K. Kaler, “PENINGKATAN KEMANDIRIAN WANITA PENYAYANG DISABILITAS MELALUI PROGRAM HWDI DI PROVINSI BALI: STUDI KASUS KOTA DENPASAR”, ds, vol. 23, no. 2, pp. 98-104, Oct. 2023.