OPTIMALISASI NILAI-NILAI PANCASILA BUDDHIS DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA NEGERI RADEN WIJAYA

  • Fegik Prasetiyo Dharmaduta, Kepenyuluhan Buddha, Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Raden Wijaya
  • Marjianto * Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya, Wonogri
  • Sudarto * Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya, Wonogri
Keywords: Nilai-nilai, Pancasila Buddhis, Perilaku menyimpang.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena ada perilaku menyimpang yang terjadi di lingkungan mahasiswa. Salah satu faktor penyebab yakni pola pembinaan, pengaruh lingkungan dan pergaulan selama menjadi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan manfaat melaksanakan Pancasila Buddhis, hubungan pancasila Buddhis terhadap perilaku menyimpang dan faktor-faktor mahasiswa Buddhis masih ada yang berperilaku menyimpang. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Buddha Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber, selanjutnya analisis data dengan menyusun secara sistematis. Data diperoleh dari wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah membaca dan menjalankan nilai-nilai Pancasila Buddhis banyak manfaat yang diperoleh antara lain, yakin akan dasar atau pedoman sebelum bertindak, lebih hati-hati jika melakukan tindakan, merasa takut jika melakukan perbuatan yang tidak benar, hati menjadi tenang dan bahagia, menimbulkan percaya diri, mempunyai welas asih, memperoleh ketenangan batin. Pancasila Buddhis memiliki hubungan yang dapat mengurangi tindakan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh mahasiswa Buddhis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-27
How to Cite
[1]
F. Prasetiyo, M. *, and S. *, “OPTIMALISASI NILAI-NILAI PANCASILA BUDDHIS DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA NEGERI RADEN WIJAYA”, ds, vol. 23, no. 2, pp. 112-118, Oct. 2023.