PENDEKATAN HUMANISTIK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU ANAK DISABILITAS (TUNADAKSA) SLB NEGERI 1 TABANAN

  • I Wayan Suarda Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar
Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Hindu, Disabilitas Tunadaksa

Abstract

Disabilitas merupakan suatu ketidakmampuan tubuh dalam melakukan suatu aktivitas atau kegiatan tertentu sebagaimana orang normal pada umumnya akibat kondisi ketidakmampuan dalam hal fisiologis, psikologis dan kelainan struktur atau fungsi anatomi. Disabilitas lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan penyandang cacat. Kecacatan (Disabilitas) bagi sebagian orang merupakan suatu masalah yang berat serta dapat menghambat cita-cita dan aktivitas kesehariannya. Anak disabilitas sesungguhnya memiliki hak yang sama dengan masyarakat normal pada umumnya. Termasuk juga dalam memperoleh pendidikan terlebih pendidikan agama Hindu yang menuntun dan membuka cakrawala pikiran dalam menjalani kehidupan. Studi ini fokus pada pendekatan humanistik pembelajaran agama Hindu anak disabilitas di SLB Negeri 1 Tabanan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30
How to Cite
[1]
I. W. Suarda, “PENDEKATAN HUMANISTIK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU ANAK DISABILITAS (TUNADAKSA) SLB NEGERI 1 TABANAN”, ds, vol. 20, no. 1, pp. 36-42, Apr. 2020.