Penguatan Branding Produk Madu Pada UMKM Madu YBS Melalui Media Website

  • Putu Yudy Wijaya Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia, Indonesia
  • I Gede Putu Kawiana Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia, Indonesia
  • I Gusti Ayu Wimba Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia, Indonesia
  • I Made Astrama Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia, Indonesia
  • Ni Putu Sri Hartati Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia, Indonesia
Keywords: branding, UMKM, e-commerce, website

Abstract

Honey is a unique product of insects, and is beneficial for health. MSME Honey YBS is a micro business that sells supply honey products from honey seekers at the foot of Mount Agung (Selat District, Karangasem Regency, Bali). Honey products sold by MSME Honey YBS have been marketed to several restaurants, but due to the COVID-19 pandemic and the temporary suspension of tourism activities, the demand for honey products has decreased drastically. MSME Madu YBS has limited promotional costs, and has not utilized online media which is currently widely used. Therefore, this community service aims to provide a website for YBS Honey SMEs. The website will be a medium for disseminating information about the business units and products of YBS Honey SMEs, and is equipped with a contact menu for the owner. Aside from being a promotional medium, this website will also help consumers who want to buy products, as well as other parties who plan to partner with MSME Madu YBS (product distributor). Through this community service activity, an understanding of the use of technology will be given to support MSME business activities.

References

Danim, S. (2002). Menjadi peneliti kualitatif. Bandung: pustaka setia.

Ekaputri, S., Sudarwanto, T., & Marlena, N. (2018). Peran Lingkungan Industri, Perilaku Kewirausahaan, dan Kemampuan Manajerial terhadap Kinerja Perusahaan pada Usaha Logam Skala Mikro. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(1), 1–21.

Febriani, R., Caturludysari, A., & Pritalia, V. (2019). Pemanfaatan Kain Serat Alam Pada Busana Wanita dengan Tren Gaya Hidup" Back to Nature". JURNAL RUPA, 4(1), 26–37.

Haryono, S. (2018). Pengaruh penggunaan website terhadap penjualan produk pengusaha UMKM pada asosiasi industri kreatif Depok. Sosio E-Kons, 10(1), 39–46.

Jonathan, W., & Lestari, S. (2015). Sistem informasi UKM berbasis website pada desa Sumber Jaya. Jurnal Teknologi Informasi Dan Bisnis Pengabdian Masyarakat Darmajaya, 1(1), 1–16.

Lubis, T. A., & others. (2016). Pemanfaatan teknologi informasi pada usaha mikro kecil dan menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 3(3), 163–174.

Marianti, A., & others. (2012). Efek Madu Randu dan Kelengkeng dalam Menurunkan Kolesterol pada Tikus Putih Hiperkolesterolemik. Life Science, 1(1).

Mirza, M., Amanah, S., & Sadono, D. (2017). Tingkat Kedinamisan Kelompok Wanita Tani dalam Mendukung Keberlanjutan Usaha Tanaman Obat Keluarga di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan, 13(2), 181–193.

Putra, P. A. H., Watiniasih, N. L., & Suartini, N. M. (2014). Struktur dan Produksi Lebah Trigona spp. pada Sarang Berbentuk Tabung dan Bola. Jurnal Biologi, 18(2), 60–64.

Sa’ida, N., & Rahayu, A. P. (2018). Penggunaan Wabosang sebagai media pendidikan seksual pada anak-anak bantaran sungai Jembatan Merah Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 50–59.

Vlosky, R. P., Ozanne, L. K., & Fontenot, R. J. (1999). A conceptual model of US consumer willingness-to-pay for environmentally certified wood products. Journal of Consumer Marketing.

Wijaya, P. Y., Wibawa, I. P. S., Suasih, N. N. R., & Kawiana, I. G. P. (2021). Perluasan Market Share UMKM DNK Selumbung Melalui Media Website Dan Fasilitasi Legalitas Produk. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 7(2), 88–93.

Yulina, I. K. (2017). Back to Nature: Kemajuan atau kemunduran. Mangifera Edu, 2(1), 20–31.

Danim, S. (2002). Menjadi peneliti kualitatif. Bandung: pustaka setia.

Ekaputri, S., Sudarwanto, T., & Marlena, N. (2018). Peran Lingkungan Industri, Perilaku Kewirausahaan, dan Kemampuan Manajerial terhadap Kinerja Perusahaan pada Usaha Logam Skala Mikro. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(1), 1–21.

Febriani, R., Caturludysari, A., & Pritalia, V. (2019). Pemanfaatan Kain Serat Alam Pada Busana Wanita dengan Tren Gaya Hidup" Back to Nature". JURNAL RUPA, 4(1), 26–37.

Haryono, S. (2018). Pengaruh penggunaan website terhadap penjualan produk pengusaha UMKM pada asosiasi industri kreatif Depok. Sosio E-Kons, 10(1), 39–46.

Jonathan, W., & Lestari, S. (2015). Sistem informasi UKM berbasis website pada desa Sumber Jaya. Jurnal Teknologi Informasi Dan Bisnis Pengabdian Masyarakat Darmajaya, 1(1), 1–16.

Lubis, T. A., & others. (2016). Pemanfaatan teknologi informasi pada usaha mikro kecil dan menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 3(3), 163–174.

Marianti, A., & others. (2012). Efek Madu Randu dan Kelengkeng dalam Menurunkan Kolesterol pada Tikus Putih Hiperkolesterolemik. Life Science, 1(1).

Mirza, M., Amanah, S., & Sadono, D. (2017). Tingkat Kedinamisan Kelompok Wanita Tani dalam Mendukung Keberlanjutan Usaha Tanaman Obat Keluarga di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan, 13(2), 181–193.

Putra, P. A. H., Watiniasih, N. L., & Suartini, N. M. (2014). Struktur dan Produksi Lebah Trigona spp. pada Sarang Berbentuk Tabung dan Bola. Jurnal Biologi, 18(2), 60–64.

Sa’ida, N., & Rahayu, A. P. (2018). Penggunaan Wabosang sebagai media pendidikan seksual pada anak-anak bantaran sungai Jembatan Merah Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 50–59.

Vlosky, R. P., Ozanne, L. K., & Fontenot, R. J. (1999). A conceptual model of US consumer willingness-to-pay for environmentally certified wood products. Journal of Consumer Marketing.

Wijaya, P. Y., Wibawa, I. P. S., Suasih, N. N. R., & Kawiana, I. G. P. (2021). Perluasan Market Share UMKM DNK Selumbung Melalui Media Website Dan Fasilitasi Legalitas Produk. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 7(2), 88–93.

Yulina, I. K. (2017). Back to Nature: Kemajuan atau kemunduran. Mangifera Edu, 2(1), 20–31.

Published
2022-04-28
How to Cite
Wijaya, P., Kawiana, I. G. P., Wimba, I. G. A., Astrama, I. M., & Hartati, N. P. S. (2022). Penguatan Branding Produk Madu Pada UMKM Madu YBS Melalui Media Website. JURNAL SEWAKA BHAKTI, 8(1), 17-28. https://doi.org/10.32795/jsb.v8i1.2217
Section
Articles