Current Issue

Vol 2 No 1 (2019): Vidya Wertta, Media Komunikasi Universitas Hindu Indonesia

Dalam beberapa bulan terakhir, Universitas Hindu Indonesia menggelar berbagai macam aktivitas akademik – salah satunya fokus di publikasi ilmiah. Orientasi ke publikasi ilmiah ini dianggap penting tidak saja untuk menunjang administrasi dosen dalam urusan pangkat, tetapi juga menjadi representasi dari budaya dan reputasi akademik kampus. Hidup atau matinya kultur akademik dikampus bisa dilihat dari kualitas publikasi ilmah yang dikeluarkan (out put). Bahkan publikasi ilmiah – dalam hal ini jurnal – menjadi parameter utama yang menunjukkan kualitas kampus dan tenaga intelektualnya.

 Sebagaimana disampaikan oleh Rektor Universitas Hindu Indonesia Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS dalam beberapa kesempatan, Universitas Hindu Indonesia sangat berpeluang memiliki publikasi ilmiah yang berkualitas karena banyak hal unik yang bisa diteliti dan publikasi. Apalagi, Unhi berbasis pada ilmu agama dan kebudayaan yang kaya akan sumber nilai-nilai kehidupan. Selain itu, melalui publikasi ilmiah, nilai agama dan kebudayaan yang menjadi pusat kajian akademisi Unhi, bisa dikenal tidak hanya secara nasional, tetapi juga internasional.

 Berangkat dari hal tersebut, Universitas Hindu Indonesia terus berusaha secara konsisten menerbitkan publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal untuk mewadahi percikan, dinamika pemikiran dan riset yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa. Workshop, pelatihan penulisan dan pengelolaan jurnal secara profesional pun terus dilakukan untuk mendukung kualitas penerbitan agar sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Setidaknya, sebagai kampus yang memiliki potensi riset di bidang agama dan kebudayaan, Unhi senantiasa berusaha mengisi tuntutan untuk menerbitkan publikasi ilmiah yang berkualitas dan tentunya bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Hal ini juga merupakan cermin dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 Khusus untuk di Fakultas Ilmu Agama dan Kebudayaan, selama ini telah secara konsisten menerbitkan publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal Widya Wretta dua kali dalam setahun. Konten dan substansinya meliputi bidang ilmu agama dan kebudayaan, yang di dalamnya juga terdapat bidang Filsafat Agama Hindu dan Hukum Agama Hindu.

Pada penerbitan ini, jurnal Widya Wretta menyajikan tulisan-tulisan tentang studi agama, budaya, dan pendidikan agama Hindu. Selain itu, ada juga topik tentang interreligious studies – meliputi interaksi, dialog, dan kerukunan beragama. Memang jurnal ini tidak hanya membuat satu topik khusus, dengan maksud mewadahi beragam pemikiran dan riset yang dilakukan. Meski demikian tetap disesuaikan dengan landasan keilmuannya.

Semoga jurnal Widya Wretta tetap mampu berperan sebagai wadah aktivitas akademik rekan dosen dan mahasiswa khususnya di Fakultas Ilmu Agama dan Kebudayaan. Ke depan, Widya Wretta tidak hanya tampil dalam bentuk cetak, tetapi  ‘bertiwikrama’ dalam wajah online (e-jurnal) agar mudah diakses oleh dosen dan mahasiswa zaman now.

Demikian pengantar singkat dari redaksi, selanjutnya mohon dukungan dalam bentuk kritik dan saran guna mempertahankan, bahkan meningkatkan kualitas dari jurnal Widya Wretta. Mengakhiri pengantar ini, kami kutip satu refleksi dari Francis Bacon (1561-1626): “Membaca membuat manusia penuh, berdiskusi membuat manusia siap, dan menulis membuat manusia cermat”.

Published: 2019-05-14
View All Issues

Jurnal Widya Wreta Terindex di: