PERGESERAN MAKNA RITUAL YOGA DALAM AGAMA HINDU DARI SAKRAL HINGGA MENJADI KONSUMSI PUBLIK

  • Ni Putu Oka Ariantini Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia
  • Irawinne Rizki Wahyu Kusuma Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia
Keywords: Makna Ritual, Yoga, Agama Hindu

Abstract

Ritual yoga dalam Agama Hindu menjadi salah satu hal yang dianggap sakral. Sebagian besar masyarakat Bali yang beragama Hindu masih memegang teguh ritual sebagai salah satu kewajiban agamanya. Yoga merupakan ilmu yang menjelaskan keterkaitan antara fisik, mental, dan spiritual manusia untuk mencapai sistem kesehatan menyeluruh (holistik) yang awal terbentuknya dari kebudayaan India kuno. Pada masa sekarang kebanyakan masyarakat lebih memilih mengadopsi budaya luar karena masuknya arus modernisasi. Sejauh ini pengembangan pariwisata selalu memaksakan adanya inovasi yang mampu berperan penting bagi daya tarik wisata budaya. Sehingga kedepannya Yoga diarahkan menjadi salah satu tujuan untuk menarik pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pergeseran makna secara denotatif, konotatif, serta mitos dan ideologi yang terkandung dalam ritual yoga. Penelitian kualitatif digunakan karena berkaitan dengan pembahasan yang diteliti mengenai analisis semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes pada ritual Yoga dalam agama Hindu di Bali.

References

Sindhu, Pujiastuti. (2014). Panduan Lengkap Yoga. Bandung: Qanita.
Ali, Matius. (2010). Psikologi Film. Jakarta: Fakultas Film dan Televisi Institut. Kesenian Jakarta
Ghazali, Adeng Muchtar. (2011). Antropologi Agama: Upaya Memahami Keragaman Kepercayaan, Keyakinan, dan Agama. Bandung: Alfabeta
Lyons. John. (1977). Semantics Vol I. Cambridge : Cambridge University Press.
Dewi, Putu A. S. , Puasa, I Made Gde. (2020). Komunikasi Transendental dalam Yoga. Jurnal Yoga Dan Kesehatan Vol. 3 No. 2, September 2020.
Madja, I Ketut. (2020). Fungsi Astangga Yoga Patanjali (Perspektif Pendidikan Agama Hindu). Jurnal Guna Widya Vol 4, No 1 (2017) .
Utama, I Wayan B., Suatama, I.B. (2018). Ketika Yoga Sebagai Gaya Hidup. Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan (DHARMASMRTI), Nomor 18 Vol. I, Mei 2018.
Suamba, I.B. Putu. (2017). Sadharanikarana, Sebuah Model Komunikasi Hindu: Aspek-Aspek Dan Filsafatnya. Soshum Jurnal Sosial Dan Humaniora, Vol.8, No.2, Juli 2017.
Ardiago, Kadek., dkk. (2019). Aplikasi Pembelajaran Yoga Hindu Berbasis Android. Jurnal Komputasi, Vol 7, No 1 (2019)
Anonim. (2021). Yoga: Dari Tradisi Kuno Menjadi Gaya Hidup Modern. Australia: Indomedia Australia. Diunduh pada https://indomedia.com.au/yoga-dari-tradisi-kuno-menjadi-gaya-hidup-modern/
Noodol. (2021). Mengenal Yoga, Trend Gaya Hidup Modern Bagi Masyarakat Perkotaan. Diunduh pada https://noodol-cafe.com/olahraga/gaya-hidup-modern/
Pujileksono, Sugeng. (2015). Metode Penelitian Komunikasi: Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.
Adi, A., Sudarsana, I.M., Kusuma, I.R.W. (2021). Varian Identitas Hindu di Indonesia: Antara Multikulturalisme dan Bhinnêka Tunggal İka. Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya. Vol. 2 (hlm. 32-44), Juni 2021
Published
2021-11-15
How to Cite
[1]
N. P. Oka Ariantini and I. R. Wahyu Kusuma, “PERGESERAN MAKNA RITUAL YOGA DALAM AGAMA HINDU DARI SAKRAL HINGGA MENJADI KONSUMSI PUBLIK”, vw, vol. 4, no. 2, pp. 82-90, Nov. 2021.