Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran

  • Ni Kadek Yoni Cahyani Universitas Hindu Indonesia
  • I Gusti Ayu Wimba Universitas Hindu Indonesia
  • Putu Yudy Wijaya Universitas Hindu Indonesia
Keywords: orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran, orientation entrepreneurial, competitive advantage

Abstract

The achievement of the company’s sales target is influenced by marketing performance. Therefore, business owners must have a good entrepreneurial orientation and high competitive advantages so that they can have superior marketing performance. The purpose of this study was to determine the role of competitive advantage in mediating the influence of entrepreneurial orientation on the marketing performance of villas in Munggu Village, Mengwi District, Badung Regency, and Bali Province. This research was conducted at villas in Munggu Village, Badung Regency, and Bali Province. This research was conducted at the villa in Munggu Village, Mengwi District, Badung Regency. The sample in this study was 60 villa owners in Munggu Village, using the cluster sampling method. The data analysis technique was SEM Partial Least Square using the SmartPLS 3.0 program. The results of this analysis show that entrepreneurial orientation has a positive and significant effect on competitive advantage, entrepreneurial orientation has a positive and significant effect on marketing performance, competitive advantage has a positive and significant effect on marketing performance. The result also shows that competitive advantage can mediate the effect of entrepreneurial orientation on marketing performance.

 

References

Abdul, Manap. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta ; Mitra Wacana Media.

Adinda Fauziyyah Djayadiningrat, I Putu Gde Sukaatmadja, Ni Nyoman Kerti Yasa. (2017). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran Imk Sektor Industri Makanan kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 9(10) ; 4978-5004.

Akhiri, A., Miyasto, M., dan DJASTUTI, I. (2016). Mencapai Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Bisnis Studi Pada Ukm Pengolahan Tepung Tapioka Di Ngemplak Kidul Margoyoso Kabupaten Pati. Diponegoro University.

Amin, M., Sudarwati, S., dan Maryam, S. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Di Sentra Industri Mebel Desa Sembungan. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02).

Arbawa, D. L., dan Wardoyo, P. (2018). Keunggulan Bersaing: Berpengaruh Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Umkm Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Kendal). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 56–75.

Bakti, S., dan Harun, H. (2011). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Maskapai Penerbangan Lion Air.(Effect of Market Orientation and Customer Value on Marketing Performance of Lion Airlines Corporation). Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 1–14.

Basuki, B., dan Widyanti, R. (2014). Pengaruh Strategi Keunggulan Bersaing dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Perusahaan. Al-Kalam Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 1(2).

Budiarti, E. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management, Kualitas Pelayanan, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Dampaknya Pada Kinerja Pemasaran Pasar Rakyat Di Provinsi Jawa Timur. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Dewi, N. M. P., dan Ekawati, N. W. (2017). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(9), 4947–4977.

Diputra, G. I. S., dan Yoga, G. A. D. M. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Indomarco Pratama Denpasar Bali. Widya Manajemen, 2(2), 69–80. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v2i2.908

Dorojatun Prihandono, F. E. (2017). Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing. Management Analysis Journal, 6(3), 342–350.

Fandy Tjiptono. (2016). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta; Andi.

Feranita, N. V., dan Setiawan, H. A. (2019). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Dampak Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 18(1), 54–70.

Hajar, S., dan Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen, 5(10), 6580–6609.

Indrajita, I. K., Sadiartha, A. . N. G., dan Mahayasa, I. G. A. (2021). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Tohpati Grafika Utama Denpasar. Widya Amrita, 1(1).

I, M. R., dan Tysari. (2014). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Usaha. Modernisas, 10(1), 23–37.

Jayaningrum, E., dan Sanawiri, B. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 149–158.

Kusuma, K. A. N., dan Rastini, N. M. (2017). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(8), 4240–4268.

Lestari, I., Astuti, M., dan Ridwan, H. (2019). Pengaruh Inovasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Umkm Kuliner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 111–118.

Merakati, I., Rusdarti, R., dan Wahyono, W. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Journal of Economic Education, 6(2), 114–123.

Nanda, E. Q. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Surabaya. Agora, 3(1), 706–715.

Parta, I. W. G. I., dan Mahayasa, I. G. A. (2021). Pengaruh Keterampilan Kerja, Team Work, dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi pada Art Shop Cahaya Silver di Celuk, Gianyar. Widya Amrita, 1(1), 65–76.

Putra, I. M. S., dan Suparna, G. (n.d.). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Bisnis. E-Jurnal Manajemen, 9(7), 2852–2871.

Reswanda, R. (2012). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Pembelajaran Organisasi, Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan Dan Kinerja Usaha Padaumkm Kerajinan Kulit Berorientasi Ekspor Di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 11(2).

Ryiadi, N. A. K., dan Yasa, N. N. K. (2016). Kemampuan Inovasi Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Produk Imk Sektor Industri Makanan Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 5(3).

Sirivanh, T., Sukkabot, S., dan Sateeraroj, M. (2014). The effect of entrepreneurial orientation and competitive advantage on SMEs’ growth: A structural equation modeling study. International Journal of Business and Social Science, 5(6).

Suartina, I. W., Swara, N. N. A. A. V., dan Astiti, N. L. S. (2019). Pengaruh Total Quality Management (Tqm) Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Perilaku Produktif Karyawan Pada Pt. Tomorrow’S Antiques Indonesia. Widya Manajemen, 1(2), 1–20.

Suartina, I. W., Sadiartha, A. A. N., dan Ady, N. N. R. D. (2020). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Anggota. Widya Manajemen, 2(2), 88–99.

Sulaeman, M. (2018). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Tahu Di Sentra Industri Tahu Kota Banjar). Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 2(1), 154–166.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif dan R dan D. Cv. Alfabeta.

Usvita, M. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Perusahaan melalui Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening (Survey pada UKM Pangan Dinas Perindagtamben Kota Padang). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 3(1), 30–37.

Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UKM Kerajinan Rotan Di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2).

Wijaya, P. Y., Nyoman, N., dan Suasih, R. (2020). Peran Local Celebrity Endorsement Pada Iklan Di Media Sosial Terhadap Pembelian Produk Kuliner Di Provinsi Bali Pada Masa Stay Home Akibat Pandemi Covid-19. 29(2), 119–133.

Wijaya, P. Y., Hutnaleontina, P. N., dan Ismayanthi, T. I. T. (2019). Social Capital Effectiveness Toward Competitive Advantage and Business Performance (Case Study of Village Credit Institutions in Gianyar Regency, Bali, Indonesia). 19(3), 657–668.

Wulandari, A. (2012). Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran. Management Analysis Journal, 1(2).

Published
2021-04-02
How to Cite
Cahyani, N. K., Wimba, I. G., & Wijaya, P. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 1(2), 457-470. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i2.1291