Pengaruh Celebrity Endorser Dan Pesan Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

(Studi Pada Konsumen Shampo Pantene Di Kota Denpasar Utara)

  • Sagung Putri Devi Wahyundari Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Wayan Suartina Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Komang Ary Pratiwi Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Celebrity Endorser, Advertising Message, Purchase Decision

Abstract

Purchasing decisions are very important for companies to survive in an increasingly intense market. The purpose of this study was to determine the effect of celebrity endorsers and advertising messages on television on purchasing decisions of Pantene Shampoo in the City of North Denpasar, both racially and simultaneously. The population in this study were all consumers of Pantene Shampoo in North Denpasar City with a total sample size of 95 respondents using the accidental sampling method. The data analysis technique used multiple linear regression analysis. Based on the results of the analysis, it was found that celebrity endorsers and advertising messages on television had a positive and significant effect on the purchasing decision of Pantene Shampoo in the City of North Denpasar both partially and simultaneously. The suggestion in this research is that companies evaluate their marketing policies by looking at the celebrity endorser factor, advertising messages, purchasing decisions.

References

Algiffary, M. A., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Online Advertising Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia. Amar (Andalas Management Review), 4(2), 16–31.

Anandita, A. D., Rusdan, H., & Rinuastuti, B. H. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Futsal Specs Di Lingkungan Karang Taruna Mataram. Jrm, 19(2), 98–108.

Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 8(3), 953–958.

Budiman, R., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Pesan Iklan, Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Gojek Cerdikiawan. Prologia, 5(1), 88.

Chusnah, & Zaenuri, A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Luwak White Koffie (Studi Warung Nasi Pemalang, Jakarta Timur). Kinerja Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 77–92.

F, R. A. A. ‘Amilatul, & Tiarawati, M. (2013). Pengaruh Pesan Dan Penggunaan Endorser Pada Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman You C 1000 Vitamin Di Surabaya Selatan. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 486–495.

Kusumaningtyas, F., Suharyono, & Sunarti. (2014). Pengaruh Pesan Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2010/2011 Yang Mengkonsumsi Es Krim Magnum). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 13(2), 1–7.

Mariyanti, L. D., & Rahanatha, G. B. (2015). Pengaruh Celebrity Endorsers Dan Pesan Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Krim Walls Magnum Belgium Chocolate. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(10), 3093–3123.

Ningsih, T. S., & Putri, S. L. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Erigo Melalui Instagram). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 22(2), 348–357.

Oktafiani, R., & Silaningsih, E. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Xl Di Kota Bogor. Jurnal Visionida, 1(2), 46–48.

Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia The Effect Of Consumer Behavior Toward The Online Purchase Of Fashion Product Of Zalora Indonesia. Sosioteknologi, 15(2), 291–297.

Tanpli, Y. E., & Rinaldi. (2020). Pengaruh Pada Iklan Celebrity Endorser Bts Terhadap Impulsive Buying Behavior Pada Remaja Di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3457–3463.

Wikatanazal, E., Pardiman, & Rizal, M. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Online Shop Championsteall.Id). E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 10(4), 27–37.

Wulandari, N. M. R., & Nurcahya, I. K. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(11), 3909–3935.

Zaelani, A., & Maulana, L. H. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Pesan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Ice Cream Walls Cornetto Disc Chocolate Di Kota Bogor. Jurnal Visionida, 3(2), 44–54.

Published
2021-04-20
How to Cite
Wahyundari, S. P. D., Suartina, I. W., & Pratiwi, K. A. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Pesan Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 1(3), 873-881. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i3.1334