Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Konsumen Bumdes

  • Kadek Ayu Ratna Permatawati Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Gusti Ayu Wimba Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ida Ayu Mashyuni Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: marketing mix, service quality, consumer interest

Abstract

This BUMDes is a vehicle for running a business in the village. The purpose of this study was to determine the Effect of Marketing Mix and Service Quality on Consumer Interest in Bumdes Desa Baru Catur Bhuana Sari Marga Tabanan. This research was conducted at BUMDes Desa Baru Catur Bhuana Sari Marga Tabanan engaged in services such as marketing savings and loans and PAM Desa BUMDes Desa. New Catur Bhuana Sari Marga Tabanan. Questionnaires that have been analyzed for validity and reliability are given as many as 82 samples who have shopped at BUMDes. The analysis technique used is regression analysis. From the research results, it is known (1) there is a positive effect of the marketing mix on consumer interest. (2) there is a positive effect of service quality on consumer interest. (3) the simultaneous influence of marketing mix variables and service quality on consumer interest. In order to be able to research and examine other factors not examined in this study that can affect consumer interest in addition to the marketing mix and service quality.

References

Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY, 3, 49–56.

Effendy, A. (2013). Pengaruh Customer Value Proposition Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Consumer Pack Premium Baru Bogasari. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1–8.

Faradiba, F., & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 59–69.

Fure, H. (2013). Lokasi, keberagaman produk, harga, dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap minat beli pada pasar tradisional Bersehati Calaca. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan pelanggan pt. sucofindo batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232–243.

Putra, A. B., Lapian, J., & Lumanauw, B. (2014). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Minat Membeli Kembali Voucher Isi Ulang Telkomsel. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

Raharjani, J. (2005). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan pasar swalayan sebagai tempat berbelanja (studi kasus pada pasar swalayan di kawasan seputar Simpang Lima Semarang). Jurnal Studi Manajemen Dan Organisasi (Jsmo), 2(Nomor 1), 1–15.

Selang, C. A. D. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Shahnaz, N. B. F., & Wahyono, W. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Toko Online. Management Analysis Journal, 5(4).

Sianturi, C. E. M., & Mulyaningsih, H. D. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen (studi Pada Kfc Cabang Buah Batu, Bandung). EProceedings of Management, 4(3).

Wardhana, A. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah di Indonesia [Effect of Mobile Banking (M-Banking) Service Quality on Customer Satisfaction in Indonesia]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 10(2), 273–284.

Widyaningrum, N. A. (2017). Dampak bauran pemasaran terhadap minat beli Konsumen pada produk crispy rice crackers. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 635–641.

Published
2021-04-13
How to Cite
Permatawati, K., Wimba, I. G., & Mashyuni, I. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Konsumen Bumdes. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 1(2), 677-684. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i2.1349