Pengaruh Motivasi Berprestasi, Kompetensi Profesional dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru

  • Desak Putu Christina Nathalia Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Gede Putu Kawiana Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Mirah Ayu Putri Trarintya Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Motivasi Berprestasi, Kompetensi Profesional, Lingkungan Kerja Fisik, Kinerja Guru

Abstract

Performance is the result of work in quality and quantity achieved by a person. The efforts made to improve the performance of a teacher are three of them, namely achievement motivation, professional competence and physical work environment. This study aims to determine the effect of achievement motivation, professional competence and physical work environment on teacher performance at SMA Negeri 1 Ubud in Ubud District, Gianyar Regency. The number of respondents taken was 67 teachers. The data analysis technique used is the validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis, t test, F test and coefficient of determination analysis. The results of the analysis of this study are (1) achievement motivation has a positive and significant effect on teacher performance, (2) professional competence has a positive and significant effect on teacher performance, (3) the physical work environment has a negative and insignificant effect on teacher performance, (4) motivation achievement, professional competence and physical work environment simultaneously have a positive and significant effect on teacher performance.

References

Anggreany, A. V. (2010). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja (Studi kasus pada Pegawai Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral di Kabupaten Donggala). Jurnal Katalogis, 5(1), 44–51.

Eka, D. S., Sunuharyo, B. S., & Utami, H. N. (2016). Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi kasus di PT Telkom Indonesia Witel Jawa Timur Selatan Malang). 40(1), 76–85.

Haryanti, T. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru (SMK Tunas Pemuda). 4(1), 44–52.

Hasan, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi (Studi kasus pada SMA Negeri Di Kabupaten Gowa). Jurnal Economix, 5(2).

Hidayat, Z. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru Di Sma N 1 Jekulo Kudus. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Nugraha, Triantoro, & Awwalunisa. (2014). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru. 10.

Nurdianti, R. R. S. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru (Studi kasus pada Guru Ekonomi SMA Negeri di Kota Bandung). Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(2), 177. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i2.1503

Nurhidayati, D. (2017). Pengaruh Pemodelan Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Siswa Sekolah Menengah Tingkat Pertama.

Peraturan Pemerintah. (2008). Peraturan Pemerintah (PP) No. 74 Tahun 2008. Tentang Guru.

Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1758

Rismawan, E. (2015). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru. 1, 114–132.

Santika, I. P., & Antari, N. L. S. (2020). Pengaruh lingkungan kerja fisik dan kepemimpinan terhadap semangat kerja untuk meningkatkan kinerja pegawai rumah sakit bhayangkara denpasar. 15(1), 57–68.

Sembiring, Y. P. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Sumatera Utara.

Sopandi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru di MTs Ma’arif Cipakem Kuningan. Scientific Journal Of Reflection, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070

Thahir, M. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Non Fisik Terhadap Kinerja Guru. 16(2), 125–134.

Undang-undang. (2005). Undang-Undang (UU) tentang Guru dan Dosen Nomor 14 (p. 2).

Yusuf, T., & Suci, G. (2015). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 2 Penajam Paser Utara. 117–131.

Published
2021-04-08
How to Cite
Nathalia, D. P., Kawiana, I. G., & Trarintya, M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Kompetensi Profesional dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 1(2), 570-580. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i2.1353