Meningkatkan Keputusan Pembelian dengan Meningkatkan Green Marketing Mix

  • Ni Luh Gede Sukraeni Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Dewa Nyoman Benni Kusyana Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Green marketing mix, purchase decision

Abstract

This research was conducted with the aim to determine the effect of the green marketing mix consisting of green product, green price, green place, and green promotion on purchase decision at Serenity Eco Guesthouse and Yoga Canggu, both partially and simultaneously. The population of this study were 1,561 customers and the sample was determined to be 94 people with the Slovin formula and using the accidental sampling method. The analysis technique used is multiple linear regression. From the results of data analysis, it is concluded that green product, green price, green place, green promotion partially have a positive and significant effect on purchase decision at Serenity Eco Guesthouse and Yoga Canggu.

References

Abzari, M., Shad, F.S., Sharbiyani, A.A.A, & Morad, A. . (2013). “Studying the effect of green marketing mix on market share increase.†European Online Journal of Natural and Social Sciences, 2(3), 641–653.

Agustin, R.D., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2015). “Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang).†Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(2), 1–10.

Akbar, M.M., & Parvez, N. (2009). “Impact Of Service Quality, Trust, and Customer Loyalty.†ABAC Journal, 29(1), 24–38.

Arimbawa, I.G.S., & Ekawati, N. . (2017). “Pengaruh Penerapan Green Marketing Terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk.†E-Jurnal Manajemen Unud, 6(5), 2582–2608.

Aulia, A., & Hidayat, M. (2018). “Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada PT. Baruga Asrinusa Development Makassar.†Jurnal Economix, 6(1), 70–79.

Choudhary, A., & Gokarn, S. (2013). “Green Marketing: A Means for Sustainable Development.†Journal of Arts, Science & Commerce, 4(3), 26–32.

Delafrooz, N., Taleghani, M., & Nouri, B. (2014). “Effect of green marketing onconsumer purchase behavior.†Qscience Connect, 5, 1–9.

Guspul, A. (2018). “Pengaruh Strategi Green Marketing Pada Bauran Pemasaran Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Herbalife (Studi Kasus Pada Club ‘Sehatway’ Di Wonosobo).†Jurnal PPKM I, 10(3), 107–122.

Hanifah, A.D., Arifin,Z., & Hidayat, K. (2016). “Pengaruh Bauran Pemasaran Berwawasan Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Yang Menghuni Perumahan Ijen Nirwana Malang).†Jurnal Administrasi Bisnis, 32(2), 23–32.

Hikmatunnisa, H., Purwanti, R. S., &, & Setiawan, I. (2020). “Pengaruh Green Product dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Pembeli Yang Menghuni Perumahan Garden City Ciamis).†Business Management And Entrepreneurship Journal, 2(3), 130–140.

Istantia, S., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2016). “Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian (Survei pada Pengguna Produk Ramah Lingkungan Lampu Philips LED di Perum Kepanjen Permai 1, RW 4, Desa Talangagung, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur).†Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 32(1), 174–182.

Kotler, P., & Keller, K. . (2012). “Manajemen Pemasaran.†Jilid 1, Edisi ke 12. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kusuma, E.I., Surya, D., & Suhendra, I. (2017). “Pengaruh Strategi Green Marketing dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Member Tupperware di Kota Rangkasbitung).†Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(1), 33–50.

Mawardi, A. (2020). “Pengaruh Green Marketing dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Purwakarta.†Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 63–67.

Parlan, A.V., Kusumawati, A., & Mawardi, M. . (2016). “The Effect of Green Marketing Mix on Purchase Decision and Customer Satisfaction (Study on Independent Consultant of Jafra Cosmetics Indonesia in Malang).†Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 39(1), 172–178.

Prabandari, N.P.A.V., & Suasana, I. G. A. K. . (2016). “Pengaruh Green Marketing dan Service Value Terhadap Impulse Buying pada Manic Organik Restaurant di Denpasar.†E-Jurnal Manajemen Unud, 5(4), 2167–2193.

Purnama, P.A.I., & Adi, N. . (2019). “Green Marketing dan Quality Brand Sebagai Prediktor Perilaku Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk.†Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 185–205.

Rahayu, L.M.P., Abdillah, Y., & Mawardi, M. . (2017). “Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen The Body Shop di Indonesia dan di Malaysia).†Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43(1), 121–131.

Rahman, F., Siburian, P.S., & Noorlitaria A, G. (2017). “Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Tupperware di Samarinda.†Forum Ekonomi, 19(1), 119–130.

Riswati, A., Suharyono, S., & Kumadji, S. (2015). “Pengaruh Green Marketing dan Marketing Mix Terhadap Customer Preference dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa S2 Konsumen Aqua-Danone, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang).†Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 1–10.

Risyamuka, I.K., & Mandala, K. (2015). “Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau di Restoran Sari Organik Ubud.†E- Jurnal Manajemen, 4(2), 524–543.

Romadon, Y., Kumadji, S., & Abdillah, Y. (2014). “Pengaruh Green Marketing Terhadap Brand Image dan Struktur Keputusan Pembelian.†Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(1), 1–7.

Senthil, N.C., & Malar, M. . (2013). “A Study on Purchasers of Natural Products for Possibility of Green Marketing in Trichy and Chennai City.†International Journals of Marketing and Technology, 3(10), 109–125.

Septika, B. . (2017). “Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Molto Ultra Sekali Bilas Di Kota Mataram.†Jurnal Sangkareang Mataram, 3(3), 44–47.

Sumarwan, U., Prihartono, A.G., Sumarlin, A.W., Mamahit, D.A., Hadi, P.E., Hasan, J., Ahmady, M., Wulandari, R., & Haryono, T. (2012). “Riset pemasaran dan Konsumen.†Seri 2. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Sunariani, N. . (2017). “Marketing Mix Dan Akreditasi Terhadap Keputusan Memilih Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening.†Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 2(2), 368–377.

Suprapti, N. . (2010). “Perilaku konsumen pemahaman dasar dan aplikasinya dalam strategi pemasaran.†Cetakan 1. Denpasar: Udayana University Press.

Tiwari, S., Tripathi, D.M., Srivastava, U., Yadav, P. . (2011). “Green Marketing –Emerging Dimension.†Journal of Business Excellence, 2(1), 18–23.

Utami, V.K., Setiawan, B., & Anindita, R. (2014). “Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Program Community Development (Kasus Produk Beras Organik ‘Lumpang Berlian’ Agroindustri Sumber Makmur Desa Sumberngepoh, Lawang, Malang).†Habitat, 25(1), 61–69.

Published
2022-11-01
How to Cite
Sukraeni, N. L., & Benni Kusyana, D. N. (2022). Meningkatkan Keputusan Pembelian dengan Meningkatkan Green Marketing Mix. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(4), 1206-1216. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v2i4.1584