Peran Kepuasan Konsumen Sebagai Mediasi Pada Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli

  • Putu Devi Yudarningsih Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Gede Putu Kawiana Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Quality of service, Consumer satisfaction, Buy Back Interest

Abstract

Tight competition and increasing consumer expectations of a product, especially service products make the company must have a way to increase the proportion of value in the company. The formulation of the problem and the purpose of this study is to find out consumer satisfaction mediating the effect of service quality on buying interest in antagonist café in Denpasar city. The number of respondents taken as many as 123 people. The data analysis techniques used are Validity and Reliability Test, Path Analysis Technique and Sobel Test. The data collection methods used in this study are Observation, Interview (Interview), Documentation, Literature and Questionnaires. Based on the results of the analysis found that: (1) the quality of service has a positive and significant effect on consumer satisfaction at Antagonis Cafe in Denpasar City. (2) Consumer satisfaction has a positive and significant effect on buyback interest in Antagonis Cafe in Denpasar City. (3) The quality of service has a positive and significant effect on buyback interest in Antagonis Cafe in Denpasar City. (4) Consumer satisfaction mediates the influence of service quality has a positive and significant effect on buyback interest in Antagonis Cafe in Denpasar City.

References

Afif Ghaffar Ramadhan, S. B. S. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, 6(1).

Annafik, A. F. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha SS Cabang Kedungmundu Semarang).

Arfiani Bahar, H. S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 3.

Dewi Maharani Purbasari, D. L. P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Ulang. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 2.

Fandy Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa. Bayumedia.

Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education,Inc.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Metta Padyawati Kusuma Shandra, M. (2016). Kepuasan Konsumen Sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image, Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen. Management Analysis Journal, 5(1).

Raswendo, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Rumah Makan Puti Minang Raja Basa Bandar Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam.

Septian Wulandari, N. M. (2020). engaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Transportasi Migo Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(2).

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Pinsip, Penerapan dan Penelitian (Andi Offset (ed.)).

Yuzza Bayhaqi. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Minat Beli Ulang (Studi Kasus : Pada Auto Bridal Semarang)

Published
2022-05-01
How to Cite
Yudarningsih, P., & Kawiana, I. G. P. (2022). Peran Kepuasan Konsumen Sebagai Mediasi Pada Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(2), 458-467. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24