Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Klien Terhadap Loyalitas Klien
Abstract
This study aims to determine the effect of service quality and client satisfaction on client loyalty in depositing SPT Masa in CV. Central Karya Prima Denpasar. The population in this study was clients in CV. Central Karya Prima from 2018 which numbered 53 people. The sampling technique used is a saturated sample. Data analysis using path analysis. The results of the analysis show that service quality has a positive and significant effect on client satisfaction, service quality has a positive and significant effect on client loyalty, client satisfaction variable has a positive and significant effect on client loyalty, client satisfaction can be the relationship between service quality and client loyalty in depositing SPT Masa in CV. Central Karya Prima Denpasar.
References
Amrullah, S. (2011). Hubunan Antara Kualitas Pelayanan Pajak Dengan Kepuasan Masyarakat Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) Kudus.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Budiyanti, R. (2019). Pertumbuhan Naik 15%, Kanwil DJP Bali Lampaui Penerimaan Nasional. Www.Pajak.Go.Id. www.pajak.go.id/id/siaran-pers/pertumbuhan-naik-15-kanwil-djp-bali-lampaui-penerimaan-nasional
Darmawanto, A. T. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Badan Di Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang. 15(1).
Ester, G. K. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Dan Pengetahuan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kelurahan Kleak Kecamatan Malalayang Kota Manado. Riset Akutansi Going Concern, 12(2), 523–530.
Farah, A. R. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Umkm Yang Terdaftar Di KPP Pratama Semarang Selatan). 1–9.
Febriani, E., & Rahayu, N. I. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Keadilan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(2), 149–158. https://doi.org/10.37859/jae.v10i2.2349
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. BP-UNDIP.
Kusnandar, V. B. (2019). Jumlah Penduduk Indonesia Diproyeksikan Mencapai 270 Juta pada 2020. Databoks.Katadata.Co.Id.
Mardiasmo. (2011). Perpajakan Edisi Revisi. Andi.
Prabandaru, A. (2019). Kedudukan Hukum Pajak di Indonesia. Klikpajak.Id. https://klikpajak.id/blog/berita-regulasi/ketahui-kedudukan-hukum-pajak-di-indonesia/
Rhismawati, N. L. (2020). DJP Bali : 212.933 Wajib Pajak Orang Pribadi Laporkan SPT Tahunan.
Saifi, M. (2014). Peran Pemeriksa Pajak Dalam Menunjang Penerimaan Pajak Penghasilan Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. 1–7.
Sefnedi, I. (2013). Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Wajib Pajak Restoran Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediator. Jurnal Universitas Paramadina, 10.
Setiono, H. (2007). Pengaruh Kualitas Jasa dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Studi Kasus Pada Perusahaan Priority Cargo Package Di Yogyakarta. Sanata Dharma University Yogyakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Utamaningsih, D. I. (2010). Analisis pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas ditinjau dari kualitas pelayanan bank.