Pengaruh Strategi Promosi dan Fasilitas Pariwisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan

  • Ni Putu Ayu Sintyawati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • Putu Yudi Wijaya Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Luh Adisti Abiyoga Wulandari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Promotion Strategy, Tourism Facilities, Visiting Interest

Abstract

The Blooms Garden has problems regarding the increase in the number of visits which are thought to be due to promotion strategies and tourism facilities and the existence of different research results from research gap. This study aims to determine the effect of promotion strategies and tourism facilities simultaneously on interest in visiting The Blooms Garden. The location of this research is located at The Blooms Garden Tourism Object in Br Batusesa, Candikuning Village, Baturiti District, Tabanan, Bali. This study uses quantitative and qualitative data types as well as primary and secondary data sources. The sample of this study amounted to 97 respondents using incidental sampling method as a method of determining the sample. Methods of data collection using observation, interviews, literature study and questionnaires. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis. Based on the results of the study, it was shown that either partially or simultaneously the variables of promotion strategy and tourism facilities had a significant positive effect on interest in visiting The Blooms Garden in Tabanan.

References

Astrama, I. M., & Mahayasa, I. G. A. (2021). Kajian Strategi Pemasaran Obyek Wisata Gunung Kawi Tampaksiring Kabupaten Gianyar Ditinjau dari Persepsi Wisatawan. Widya Manajemen, 3(1), 39-56.

Charli, C. O. & Putri, A. D. (2020). Pengaruh Social Media Marketing, Fasilitas Wisata DanCitra Destinasi Wisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung. Jurnal Ekobistek, 9(2): 40-48.

Dewi, M. S., & Laksono, B. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Ketersedian Fasilitas Terhadap Minat Konsumen Berkunjung Kembali Pada Minimarket Alfamart Raya Sukodono Sidoarjo. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1): 19- 26.

Fitriyani, E., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, Kualitas Pelayanan, dan Kinerja Pustakawan Terhadap Minat Berkunjung Masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 7(2): 585-595.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Huda, S., & Ikhwan, J. (2018). Analisis Pelayanan, Fasilitas, Keamanan, Pendapatan, Dan Dampaknya Terhadap Minat Wisatawan Mengunjungi Pantai Berkas Di Bengkulu. JAZ: Jurnal Akuntansi Unihaz, 1(2): 80-88.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kurniasari, H., Fianto, A. Y. A., & Candraningrat. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran, Word of Mouth, Destination Image dan Destination Branding Terhadap Minat Berkunjung di Wisata Pantai Ria Kenjeran. Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 1(1): 1-16.

Mulyadi. (2018). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Mulyati, Y., & Afrinata, M. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus Pada Wisatawan Domestik). Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 6(2): 191-200.

Permatawati, K.A. R., Wimba, I. G. A., & Mashyuni, I. A. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Konsumen Bumdes. Widya Amrita: Jurnal Manajemen Kewirausahaan dan Pariwisata, 1(2): 677-684.

Sidik, A. R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Taman Kupu-Kupu Alia. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8 (3): 1-25.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT. Alfabet. Sukarsih, O., & Saputra, G. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi Dan Promosi

Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Habitat Ubud. Jurnal Manajemen Kewirausahaan dan Pariwisata, 1(3): 862-872.

Sulastiyono. (2017). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung : Alfabeta.

Suryani, D. D. (2017). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjung Kembali Wisatawan Di Pulau Pahawang Lampung (Studi Kasus pada Wisatawan Pecinta Snorkeling di Pulau Pahawang Lampung). Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Widoyo, A., & Triyanto, T. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan (Desa Wisata Jetis Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen). Riset Manajemen dan Akuntansi, 11(1): 83-97.

Zai, T. L. C. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Ulang dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Mediasi pada Objek Wisata Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Published
2022-08-01
How to Cite
Sintyawati, N. P. A., Wijaya, P. Y., & Abiyoga Wulandari, N. L. A. (2022). Pengaruh Strategi Promosi dan Fasilitas Pariwisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(3), 760-766. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24