Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Strategi Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pondok Nyoman Bagus Di Pererenan Mengwi

  • Ni Putu Dian Putri pratiwi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • IAP Widani Sugianingrat Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Wayan Suartina Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Quality of service, Promotional Strategy, Customer Satisfaction

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of both partial and simultaneous quality of service and promotional strategies on customer satisfaction. This study was conducted at Pondok Nyoman Bagus Di Pererenan Mengwi, with a population of 1,440 people and a sample of 94 people using the technique of slovin and with the method of determining samples using non random sampling. The research instruments used in this study are validity tests and reliability tests, then classical assumption tests and multiple linear regression analysis. Based on the results of the study, it was found that partially the quality of service and promotional strategies had a positive and significant effect on customer satisfaction at Pondok Nyoman Bagus in Pererenan Mengwi. The quality of service and promotional strategies simultaneously have a positive and significant effect on customer satisfaction at Pondok Nyoman Bagus in Pererenan Mengwi. Advice given to maintain a friendly quality of service, then optimize promotional strategies through social media to increase customer visits.

 

References

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi. Cetakan Ketiga Belas. PT Raja Gravindo Persada. Jakarta.

Asrid Natalia Marpaung. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Inna Dharma Deli Medan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Medan.

Buchari, Alma. 2007. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, cetakan kelima, edisi revisi Alfabeta, Bandung.

David, Handrianus dan Lego, Yenny (2016), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Garuda Indonesia Jakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara Jakarta.

Fitriani, Eni (2017), Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Univesitas Halu Oleo.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 (7th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Harman Malau, Ph. D. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Penerbit : Alfabeta, Bandung.

Irwansyah (2017), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Minta Menginap Kembali (Survei Pada Pelanggan Hotel M’Borro, Baturraden). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Natalia Ribka Lumempow, Silvya Mandey,dan Jopie Jorie Rutinsulu. (2015). Analisis Faktor-faktor Kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Mandiri Tbk Cabang Bahu Mall Manado. 2303-11 Jurnal EMBA, Vol.3 No. 3 sept, 2015 Hal. 1275-1286, 1275.

Putri, D. A. (2017). Pran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 11, 2017: 6271-6297 ISSN : 2302-8912 , 6271.

Regata, Ni Made Wulandari Kusumadewi (2019). Pengaruh Kualitas pelayanan Terhadap loyalitas Nasabah yang Dimediasi oleh Kepuasan Nasabah. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 8, No. 3, 2019: 1430 – 1456 ISSN:2302-8912.

Ribka dan Lisbeth (2016), Pengaruh Strategi Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna BPJS Di RSUD SAM Ratulangi Tondano. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Riduwan dan Kuncoro, 2014. Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analysis), Bandung: CV. Alfabeta.

Setiyaningrum, Jusuf Udaya, dan Efeni. 2015. Prinip-Prinsip Pemasaran. Penerbit : AndiOffset, Yogyakarta.

Sianipar, G. J. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Alfamart. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sulistyawati, N., dan Seminari, N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(8), 250437.

Surya, Utami dan Jarta (2015), Pengaruh Kulitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Utama (2018), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelangan Pada Devinsky Hotel Seminyak. Fakultas Ekonomi, Universitas Warmadewa.

Widyarini dan Sanjaya (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Mengening Kabupaten Badung.

Yanti dan Suastipuja (2021), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Percetakan UD. Wipra Print Karangasem. Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia.

Published
2023-01-01
How to Cite
pratiwi, N. P. D. P., Sugianingrat, I. W., & Suartina, I. W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Strategi Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pondok Nyoman Bagus Di Pererenan Mengwi. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(1), 11-21. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24