Pengaruh Store Atmosphere, Cita Rasa, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Ikan Bakar Kubu Wisata Serangan

  • I Kadek Yana Yagastama Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Gusti Ayu Wimba Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Made Suasti Puja Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Store Atmosphere, Taste, ; Word of Mouth, Purchasing Decisions

Abstract

The purpose of this study was to determine the influence of store atmosphere, taste and word of mouth partially and simultaneously on purchasing decisions. This study was conducted at the Kubu Wisata Serangan Grilled Fish Stall with a sample of 100 people with a sample determination technique using purposive sampling. The research methods used are quantitative research methods with data analysis techniques, namely Instrument Tests, Classical Assumptions, Multiple Linear Regression, Coefficient of Determination, t Test and F Test. Based on the calculation results each variable partially has a positive and significant influence with the calculated value for the store variable t-count 11.895 > 1.984 with sig. 0.000 < 0.05, taste variable t count 3.193 > 1.984 with sig. 0.002, word of mouth t-count 2.127 > 1.984 with sig. 0.036, and simultaneously have a positive and significant effect with a calculated F value of 294.505 > 2.70 with a sig. 0.000. It is expected to be able to add information about how to order food, cook fish so that it is evenly cooked, add menus at affordable prices and add menu variations and provide satisfaction to consumers.

Keywords: Store Atmosphere ; Taste; Word of Mouth ; Purchasing Decisions

References

Alfikri, R. R., Irawan, B., & Indraningrat, K. (2016). Pengaruh Suasana Cafe Terhadap Impulse Buying Konsumen Its Milk Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa.

Angga, P. W., Qomariah, N., & Izzuddin, A. (2019). Pengaruh Cita Rasa, Keragaman Menu, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Ayam Solo Talangsari Jember. Jurnal, (2), 1-9.

Anim, A., & Indiani, N. P. (2020, Juni). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kembali (Studi Kasus Pada Start Up Coffee Renon Denpasar). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5 (101), 99-108.

Arianto, D. H., & Satrio, B. (2020). Pengaruh Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Store atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Kopisae. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9 (6).

Erianto, R. A. (2018, Mei). Pengaruh Store atmosphere, Kualitas Produk, Harga Dan Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Furore Coffee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7 (5),/1-18.

Gana, C. C. (2017, April). Pengaruh Store atmosphereterhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen Rumah Makan Inggil Di Kota Malang). Jurnal Manajemen Bisnis, 7 (1), 11-19.

Ilmi, S., Pawenang, S., & Marwati, F. S. (2020, Februari). Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image (Citra Merek) Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Korean Spicy Chicken. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4 (1), 103-113.

Jamal, A., & Busman, S. A. (2021, Oktober). Pengaruh Cita Rasa Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Junior Cabang Pekat Di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4 (2),/17-34.

Lestari, R. (2019, September). Pengaruh Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Sambalado Di Setu Cimuning. Jurnal, 4 (2), 83-98.

Ling, T. S., & Pratomo, A. W. (2020, April). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga Dan Word of mouth Erhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Highland Park Resort Hotel Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1 (1), 31-42.

Maghfiroh, K. (2019, Oktober). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Word of mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Business Management Analysis Journal,/1 (2), 34-44.

Mardiyah, L. M., & Soegesti, D. G. (2022). Pengaruh Cita Rasa, Desain Kemasan, Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman (Survei Pada Konsumen Xi Bo Ba Bandar Lampung). Jurnal Duni Bisnis,/1 (1), 1-17.

Nina, Y., Hinelo, R., & Isa, R. A. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadaap Kinerja Pemasaran Kuliner Ayam Geprek Di Era Pandemi Covid-19 Di Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 365-373.

Prabowo, S. A. (2018). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Mirota Kampus Godean. Jurnal Ekobis Dewantara, 1 (115), 115-126.

Prakoso, C., & M.Sc, B. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram, Store atmosphere Dan Cita Rasa Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Ayam Geprek Juara Di Rawamangun. Jurnal, 1-16.

Putra, M. S. (2020). Peran Word of mouth Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Goc Pada Reseller Di Kota Denpasar. Skripsi, Denpasar.

Putri, L. H., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Store atmosphere Terhadap Keputusan Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Monopoli Cafe And Resto Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 15 (2), 1- 9.

Published
2023-06-01
How to Cite
Yagastama, I. K., Wimba, I. G., & Puja, I. M. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Cita Rasa, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Ikan Bakar Kubu Wisata Serangan. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(6), 1198-1206. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24