Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Wallett

  • Nurlia Julianti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Wayan Suartina Program Studi Mnajamen, Fakultas Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Luh Adisti Abiyoga Wulandari Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Perceived Ease, Perceived Usefulness, Perceived Risk, Interest in Using

Abstract

 The digital era is now starting to develop very rapidly, especially technology which plays an important role in humans being able to compete and adapt in this increasingly sophisticated and fast era. The phenomenon in Indonesia is implementing a cashless payment system using e-wallets. This research is to determine the effect of perceived convenience, perceived usefulness, and perceived risk on interest in using e-wallets. The data used in this study are primary data and secondary data. The number of samples in this study was 110 respondents. The sampling method used was the purposive sampling technique. The data analysis techniques are the Validity and Reliability Test, Classical Assumption Test, Multiple Linear Regression Analysis, Determination, t-test, and F-test. From the results of the analysis, it can be concluded that: 1) perceived convenience has a positive and significant effect on the intention to use an e-wallet, 2) perceived benefits have a positive and significant effect on the intention to use an e-wallet, 3) perceived risk has a positive and significant effect on the intention to use an e-wallet, 4) perceived convenience, perceived usefulness, and perceived risk have a positive and significant effect on the interest in using an e-wallet.

 

References

Aditya, T., & Mahyuni, L. P. (2022). Pengaruh literasi keuangan, persepsi kemudahan, manfaat, keamanan dan pengaruh sosial terhadap minat penggunaan fintech. Forum Ekonomi, 24(2), 245–258. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i2.10330

Afolo, S. C. M., & Dewi, N. N. S. R. T. (2022). Minat Mahasiswa Akuntansi Untrim Sebagai Pengguna E-Wallet Dengan Mempertimbangkan Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kepercayaan. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(2), 267–277. https://doi.org/10.22225/kr.13.2.2022.267-277

Aisyah, M., & Ardami Ardiningsing, T. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko Dan Dukungan Pemerintah Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking: Peran Pemediasi Persepsi Kegunaan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 92–105. https://doi.org/10.12928/fokus.v12i1.5987

Almeyda, D., & Canggih, C. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Nisbah bagi Hasil dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pemilihan Produk Deposito IB Devia. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.

Anarjia, K., & Zenas Rante, J. (2019). Uang Elektronik Sakuku Pt. Bank Central Asia, Tbk Kcu Cikarang. Jurnal SISTEM INFORMASI, 1(2), 1–8. www.journal.ibmasmi.ac.id

Anastasia, T. I., & Suwarno, A. E. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Manfaat, Presepsi Harga, Risiko, Terhadap Minat Beli Pada Situs Belanja Online (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 4, 377–384.

Falah, M. N. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Kembali Shopeepay Di Kota Malang Saat Pandemi Covid- 19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2), 1–18. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7272

Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi ilmu manajemen (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Dippnegoro.

Muhammad, F., & Rudy, F. (2016). PENGARUH PERSEPSI NASABAH ATAS RISIKO, KEPERCAYAAN, MANFAAT, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN INTERNET BANKING (Studi Empiris pada Nasabah Bank Umum di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 1(2), 264–276. file:///D:/SEMINAR PROPOSAL/187067-ID-pengaruh-persepsi-nasabah-atas-risiko-ke.pdf

Pramesti, GPramesti, G. (2018). Mahir Mengolah Data Penelitian Dengan SPSS 25. PT. Elex Media Komputindo.

Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 27, 927. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p04

Rahyuda, K. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Edisi Revisi 2017. Udayana University Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, W., dan Utami, L. . (2019). The Master Book of SPSS: Pintar Mengolah Data Statistik Untuk Segala Keperluan Secara Otodidak. Penerbit STARTUP.

Sulfina, S., Yuliniar, Y., & Aziz, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Untuk Menggunakan Uang Elektronik (Shopeepay). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 17(2), 105. https://doi.org/10.21460/jrak.2021.172.401

Wiratama, K., & Sulindawati, N. L. G. E. (2022). Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, pengetahuan akuntansi dan kompatibilitas terhadap minat umkm dalam menggunakan aplikasi si apik. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Udiksa), 13(01), 58–69. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/35566

Published
2023-07-01
How to Cite
Julianti, N., Suartina, I., & Adisti Abiyoga Wulandari, N. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Wallett. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(7), 1276-1284. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24