Membangun Loyalitas melalui Digital Marketing dan Kualitas Produk

  • Ni Made Martayani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Dewa Nyoman Benni Kusyana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Customer Loyalty, digital marketing, Product quality

Abstract

Loyalty guarantees the company to continue to get consumers in the future. This becomes very important to be improved by the company to win the competition. The research was conducted in order to examine the effect of digital marketing and product quality on loyalty at the Gianyar Balinese Ethnic Traditional Clothing Store in Gianyar Regency. The sampling technique was carried out by random sampling. The results of the deterministic analysis show that 82.7% of customer loyalty is due to a combination of digital marketing and product quality. Significa test results for partial menus are also very positive for members of digital marketing. Product quality has a significant positive effect on customer quality. Simultaneous effect tests show that digital marketing is based on the Three Numbers concept and product quality has a positive and significant effect on customer loyalty.

References

Ahmaddien, I., & Widati, E. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Terhadap Loyalitas Pelanggan Go Food Melalui Variabel Kepuasaan.” Jurnal Intekna: Informasi Teknik Dan Niaga, 19(1), 40–45.

Akbar, M. F., Wijoyo, H., & Wibowo, A. (2021). “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Alfamart Pada Toko Alfamart Cabang Cikokol.” Economics, Business And Management Science Journal, 1(1), 29–39.

Amarta, C. D., Wardaya, A., Nugroho, A. V., & Setiawan, P. A. (2022). “Strategi Pemasaran Digital Dan Kualitas Produk Untuk Mendapatkan Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7608–7621.

Anggarawati, I. R. (2021). “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pdam Tirta Marta Yogyakarta.” Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(1), 40–49.

Bali, A. Y. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening.” Jamane : Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14.

Bulan, T. P. L., & Chandra, R. (2021). “The Effect Of Ewom, Digital Marketing, Customer Satisfaction On Customer Loyalty (Shopee Customer Survey In Pangkalan Brandan).” Jurnal Manajemen Motivasi, 17(1), 36–45.

Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762–6781.

Fahrika, A., Rachma, N., & Slamet, A. R. (2019). “Pengaruh Online Marketing Dan E-Service Quality Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Online Shop Joyism Malang.” E-Jurnal Riset Manajemen, 8(4), 52–63. Www.Fe.Unisma.Ac.Id

Lisani, A. M., & Indrawati. (2020). “Pengaruh Digital Marketing Mobile Application Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek.” Jurnal Penelitian Ipteks, 5(2), 254–258.

Martini, L. K. B. M., Widiastuti, N. P., & Prabawathi, K. S. W. (2023). “Digital Marketing Dan Peranan Electronic Word Of Mouth Serta Inovasi Produk Pariwisata Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Wisatawan Di Museum Geopark.” Journal Of Applied Management Studies (JAMMS), 4(2), 112–124.

Masito, R. A., & Saino. (2021). “Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Air Minum Cheers (Studi Pt. Atlantic Biruraya).” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1216–1222.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Astuti, R. (2022). “Pemasaran Digital Terintegrasi Terhadap Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 162–176.

Nasution, I. H., & Frimayasa, A. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Pt Bank Rakyat Indonesia Kcp Kota Wisata Kabupaten Bogor.” Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 123–132.

Putri, Y. M., Utomo, H., & Mar’ati, F. S. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Harga Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Di Grand Wahid Hotel Salatiga.” Jurnal Among Makarti, 14(1), 93–108.

Rostiani, A., Lestari, R., & Nurwulandari, A. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Pelayanan Dan Pemasaran Digital Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Di Apartemen Kemang Grup Pt Pudjiadi Prestige Tbk Jakarta.” Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(4), 1989–2003.

Santoso, H. B. (2021). “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Customer Loyalty Dengan Online Promotion Dan Customer Experience Sebagai Variabel Intervening Pada Starbucks Surabaya.” Jurnal Strategi Pemasaran, 8(1), 1–15.

Suharyono, & Widiyanto, H. (2021). “Analysis Product, Price, Service, And Digital Marketing On Customer Satisfaction And Its Impact On Customer Loyalty Pt Control Systems – Emerson Micromotion Flowmeter.” Focus : Journal Of Social Studies, 2(1), 27–37. Https://Doi.Org/10.37010/Fcs.V2i1.292

Wicaksana, I. (2021). “Pengaruh Pemasaran Digital Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Usia Muda.” Jurnal Manajemen Kewirahusahaan, 18(01), 1–10.

Wiguna, I. G. N. A. D., Agustina, M. D. P., & Tratintya, M. A. P. (2022). “Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen.” Widya Amrita : Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(2), 486–492.

Wirawan, A. A., Sjahruddin, H., & Razak, N. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee Di Kabupaten Bone.” Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 10(1), 15–26.

Wulandari, S., Agung, Anak Agung Putu, & Anggraini, N. P. N. (2021). “Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen The Bali Florist.” Jurnal Emas, 2(2), 185–194.

Published
2023-12-01
How to Cite
Martayani, N., & Kusyana, D. N. (2023). Membangun Loyalitas melalui Digital Marketing dan Kualitas Produk. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(12), 2492-2504. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24