Pengaruh Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Lazada Indonesia

(Studi di Kabupaten Badung)

  • Ni Putu Sinta Puspita Dewi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Gede Putu Kawiana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ida I Dewa Ayu Yayati Wilyadewi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Promotion, Brand image, Purchasing Decision

Abstract

The purpose of this study is to determine the impact of advertising and brand image on Lazada Indonesia e-commerce purchasing decisions. The research methods used are quantitative. Badung's research site. The sample consisted of 100 of his respondents. The data analysis techniques used are plausibility tests, reliability, classical assumptions, multiple regression, coefficient of determination, t-tests, and F-tests. Based on the results of the research, advertising has a significant positive impact on purchasing decisions, brand image has a significant positive impact on purchasing decisions, and at the same time, advertising and brand image have a positive and significant impact on purchasing. It turns out. decision. The influence of independent variables on purchase decisions is 60%. Here are some suggestions from this survey: Commerce Lazada Indonesia will regularly update its website or application to make its promotions more attractive, reprimand or sanction merchants found to be deceiving consumers, and rebuke or sanction products that do not match product descriptions. must be provided.

References

Albar, D. N., Iriani, S. S., Si, M., Studi, P., Manajemen, S., & Ekonomika, F. (2022). Pengaruh Brand image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Konsumen Domino’s Pizza Deltasari Sidoarjo). Sibatik Jurnal, 1(5), 717–736.

Arni Kurniati, D. R. (2020). Pengaruh Brand image dan sosial Media Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Melalui Tokopedia. Jurnal Manajemen, 08(1), 162–181.

Basoeky, U., Panggabean, S., Manu, G. A., Wardhana, A., Hoeronis, I., Adnan, Y., Sudirman, A., Rintho Rante Rerung, S. K. M. K., & Indonesia, M. S. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=JKFIEAAAQBAJ

Bayu Suputra. (2019). Pengaruh Brand image dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia pada PT. Kharisma Sentosa. Daihatsu di Denpasar.

Desak Putu Melani Dewi. (2021). Pengaruh Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian di E-commerce Shopee.

Emi Puspita Dewi, S. S. I. M. S. (2022). Manajemen Pemasaran Hasil Pengelolaan Bank Sampah Melalui E-commerce. Pale Media Prima.

Erika Puspitasari & Imam Kambali. (2019). Pengaruh Personal Selling Produk Indihome Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di PT. Telekomunikasi Indonesia Rajawali Witel Bandung Barat. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 9.

Firman Aprianto Rusadi. (2018). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, promosi, e-wom, dan citra merek terhadap minat beli situs e-commerce lazada di kota semarang.

Idham Nur Indrajaya. (n.d.). tren e-commerce di indonesia. 2022. https://www.trenasia.com/tren-e-commerce-di-indonesia-dari-sejarah-hingga-platform-dan-produk-terlaris-saat-ini

Kompasiana. (n.d.). perkembangan e-commerce di indonesia. 2021. https://www.kompasiana.com/amp/rzknugraha/5ffb97718ede4830dc3f5d92/perkembangan-e-commerce-di-indonesia

Maitri Priandewi. (2022). Pengaruh Kualitas Produk,Desain Produk,dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk di E-Commerce Lazada(Studi Kasus Pada Mahasiswa Yogyakarta). Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE), 7(1), 17–26.

Maulidia Wirdaini. (2018). Pengaruh Brand image,Brand Trust,Promosi dan Word Of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toko Online Muslimarket.com Di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Niken Nanincova. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. 7(2).

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. 4(1), 26–37.

Sri Wulandari Putri. (2019). Pengaruh Harga, Promosi, dan Service Exellent terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Mobil PT. Astrido Jaya Mobilindo di Denpasar.

Sari, R. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Terhadap Keputusan pembelian Pada E- Commerce Lazada di Kota Medan. Balance Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 282-291.

Sukma Dewi, N. A., Putu Agung , A. A., & Anggraini , N. N. (2020 ). Pengaruh Brand image dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Menginap di The Bali Dream Villa Resort & SPA . Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar , 160-168 .

Vittoria Tanjaya & Willy Wijaya. (2019). Pengaruh Saluran Distribusi dan Personal Selling terhadap Kepuasaan Pelanggan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi. Jurnal Manajemen, 5, 145–152.

Yoeliastuti, Evalina.D, E. S. (2021). Pengaruh Citra Merek,Harga,dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10, 212–223. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i2.425

Published
2023-12-01
How to Cite
Puspita Dewi, N. P. S., Kawiana, I. G., & Wilyadewi, I. I. D. A. (2023). Pengaruh Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Lazada Indonesia. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(12), 2519-2526. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24