Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Risk dan Kualitas Informasi terhadap Minat Beli pada Jasa Transportasi Balicab di Kabupaten Badung

  • I Gusti Agung Bagus Dimas Ramadinata Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • Putu Yudy Wijaya Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • Putu Atim Purwaningrat Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Minat Beli, Perceived Usefulness, Perceived Risk, Kualitas Informasi

Abstract

Balicab Transportation Services in Badung Regency is one of the businesses operating in the transportation services sector whose business activities cannot be separated from increasingly competitive market conditions. Therefore, it is necessary to implement a marketing strategy that takes into account perceived usefulness, perceived risk and quality of information to create buying interest. The aim of this research is to determine the influence of perceived usefulness, perceived risk, and quality of information on buying interest. The population in this study are users of the Balicab Transportation Service in Badung Regency, the exact number of which is not known. The sample size was determined 5 to 10 times the number of indicators so that a sample of 105 respondents was obtained. Hypothesis testing is carried out using the classic assumption test, multiple linear regression analysis. From the results of the analysis, it can be concluded that: 1. perceived usefulness on buying interest, 2. perceived risk on buying interest, 3. information quality on buying interest, 4. perceived usefulness, perceived risk and information quality on buying interest.

References

Aiming, A. J., & Purwantoro. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Resiko Dan Persepsi Kepercayaan Dalam Menjelaskan Minat Penggunaan Internet Banking Nasabah Bank Rakyat Indonesia Pasir Pengaraian, 9(2).

Akbar, A. R., & Suwitho, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 4(3), 415–424.

Albanani, M. T., & Hapsari, R. D. V. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived ease of use Terhadap Purchase Intention Dan Attitude Toward Using Sebagai Mediasi. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 01(4), 466–475.

Amarina, D., & Fitrios, R. (2024). Kompetensi Pengguna Dan Program Partnership Dalam Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Melalui Implementasi Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Governance, 4(2).

Ariqah, H., Fithri Meuthia, R., & Djefris, D. (2023). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived ease of use Dan Perceived Of Risks Terhadap Minat Penggunaan Shopeepay Di Kota Padang (Studi Kasus Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Padang). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (Jabei), 2(1), 184–193.

Ariyanto, A. K., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Masyarkat Terhadap Smartphone Merk Cina. Widya Manajemen, 3(2), 117–127.

Evimalia, N. K. R., & Wati, N. W. A. E. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Resiko Dan Regulasi Untuk Melakukan Transaksi Pinjaman Dana Menggunakan Platform Financial Technologi (Fintech) Peer To Peer (P2p) Lending Danamas Di Kota Denpasar. Hita Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 1–10.

Fahredy, D., Isharyani, M. E., & Pawitra, T. A. (2023). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi Sistem Informasi Akademik (Sia) Dengan Metode Webqual. Jurnal Teknik Industri (Jatri), 1(1), 29–40.

Fakhrudin, A. (2022). Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Dan Harga Berpengaruh Terhadap Keputusan Kuliah Penerbangan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(1), 110–121.

Febriansyah, E., Saputra, P., & Fadrul. (2020). The Effect Of Use Of Information Technology, User Skills, And Intensity Of Use On The Quality Of Accounting Information At Skpd In Bengkulu City. Bilancia : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(3), 238–247.

Harlena, S. (2022). Pengukuran Kualitas Website Pt Kan Isotank Mandiri Menggunakan Webqual Modifikasi. Ug Jurnal, 16(5), 50–60.

Hutami, L. T. H., & Septyarini, E. (2019). Intensi Penggunaan Electronic Wallet Generasi Millenial Pada Tiga Startup “Unicorn” Indonesia Berdasarkan Modifikasi Tam. Jurnal Manajemen, 8(2), 136–145.

Irvania, V. A., Udayana, I. B. N., & Fadhilah, M. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Trust Dan Perceived Risk Terhadap Purchase Intention Pengguna Shopee. Jurnal Akmenika, 19(1), 622–630.

Japarianto, E., & Anggono, Y. D. (2020). Analisa Pengaruh Perceived Ease Of Use Terhadap Intention To Buy Dengan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi E-Commerce Tokopedia. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1).

Julianti, N., Suartina, I. W., & Wulandari, N. L. A. A. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(7), 1276–1284.

Kwan, M. C., & Devica, S. (2023). Pengaruh Kualitas Informasi, Kredibilitas Informasi Dan Eword Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Skincare. Jurnal Multidisiplin, 01(06), 1194–1203.

Noviatun, I., & Riptiono, S. (2021). Menguji Intention To Use E-Wallet Ovo Menggunakan Modifikasi Technology Acceptance Model (Tam) Di Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), 3(1), 193–201.

Pradana, P. R., & Rahanatha, G. B. (2019). Peran Perceived Usefulness Dalam Memediasi Pengaruh Kepercayaan Terhadap Minat Beli Masyarakat Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 8(10), 6119–6138.

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127–135.

Puhi, S. R. D., Wolok, T., & Abdussamad, Z. K. (2021). Pengaruh Variasi Produk Value Plus Terhadap Minat Beli Konsumen Di Hypermart Gorontalo. Jambura: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 13–20.

Purnamasari, R. D. A., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Perceived ease of use, Perceived Usefulness, Perceived Risk, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Paylater. Jurnal Manajemen, 13(3), 420–430.

Putri, D. C., & Adriyanto, A. T. (2024). Pengaruh E-Service Quality Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli (Studi Pada Pengguna Shopee Di Kota Semarang). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 16(3), 252–265.

Resa, N. A., & Andjarwati, A. Lestari. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Kepercayaan Dan Keputusan Pembelian Online. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(4), 1–9.

Rinawati, N. A., Wijaya, P. Y., Dewa, I. I., & Yayati, A. (2023). Pengaruh Desain Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Keben Di Ud . Sedana Mertha. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(10), 1895–1907.

Sari, N., Hindrayani, A., Noviani, L., & Risiko…|, P. P. (2023). Pengaruh Persepsi Risiko Konsumen Terhadap Minat Pembelian Online Di Marketplace Pada Mahasiswa Di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 6(2), 1–11.

Sitompul, Y. O., & Siharis, A. K. (2022). Pengaruh Wom, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Belanja Konsumen Pada Bukalapak. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(2), 38–46. Https://Doi.Org/10.32938/Ie.V4i2.2258

Suharyati, S., Sustiyatik, E., & Ruhamak, M. D. (2021). Pengaruh Harga, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada Ud. Tri Jaya Rizki Abadi Di Kabupaten Kediri. Risk : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 2(1). Http://Ojs.Unik-

Udayana, I., & Ramadhan, D. (2019). Pengaruh Perceived Usefullness, Perceived ease of use , Dan Subjective Norm Terhadap Purchase Intention Melalui Attitude Sebagai Mediasi (Studi Kasus Pada Konsumen Gudang Digital Online Yogyakarta). Jurnal Ebbank, 10(2), 41–48.

Waheni, N. K., & Hartati, P. S. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Penggunaan Go-Pay. 3(4), 716–722.

Wakhida, U. I., & Sanaji, S. (2020). Peran Perceived Usefulness Dan Perceived Risk Sebagai Variabel Pemediasi Pada Pengaruh Perceived ease of use Dan E-Wom Negatif Terhadap Niat Pembelian Para Pengguna Aplikasi Layanan Kesehatan Halodoc. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1158.

Widiani, N. L. M., Indiani, N. L. P., & Wahyuni, N. M. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Konsumen Berbelanja Kembali Di Zalora. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 127.

Widya. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Mio Pada Pt Bintang Fortuna Motor Di Pontianak. Bisma, 6(8), 1688–1699.

Wijaya, J. P., & Setiawan, A. S. (2022). Aplikasi Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Penggunaan Internet Banking & Mobile Banking. Prosiding National Seminar On …, 1(1), 322–333.

Yudarningsih, P. D., & Kawiana, I. G. P. (2022). Peran Kepuasan Konsumen Sebagai Mediasi Pada Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(2), 458–467.

Zaen, R. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas,Kuantitas Dan Ketepatan Waktu Ulasan Online Pada Minat Beli Online Konsumen Di E-Commerce Shopee Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), 217–224.

Published
2024-06-01
How to Cite
Ramadinata, I. G. A. B. D., Yudy Wijaya, P., & Atim Purwaningrat, P. (2024). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Risk dan Kualitas Informasi terhadap Minat Beli pada Jasa Transportasi Balicab di Kabupaten Badung. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(6), 1069-1079. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24