Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare di Kota Denpasar pada E-Commerce Shopee dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi

  • NiLuh Putu Septyani Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indinesia
  • Komang Ary Pratiwi Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indinesia
Keywords: Keputusan Pembelian, Harga;, Kepuasan Konsumen

Abstract

The consumer purchasing decision stage involves the desire to buy a favorite product. Consumer decisions are influenced by the level of perceived risk. Perceived risk can cause consumers to change, delay, or avoid decisions. Consumers consider carefully before making a purchasing decision. This research aims to examine the extent to which consumer satisfaction can be a mediating factor in the influence of price on purchasing decisions. This research will also look at how purchasing decisions will be influenced by price variables for MS Glow products in Denpasar City via the Shopee E-Commerce platform. There were 60 research samples involved in this study. Path analysis is a method used for data analysis. Research proves that the influence of purchasing decisions and consumer satisfaction on the price of Ms Glow products in Denpasar City on Shopee E-Commerce is positive and significant. It was also proven that the influence of purchasing decisions on consumer satisfaction with Ms Glow products in Denpasar City on Shopee E-Commerce was also positive and significant. Finally, purchasing decisions are influenced by price through consumer satisfaction with Ms Glow products in Denpasar City on E-Commerce Shopee which is also positive and significant.

References

Ganesha, T. P., Rinanda, S., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Thrift Store Di Instagram. Jurnal Enterpreneur dan Bisnis (JEBI), 1(2), 129–136. https://doi.org/10.46757/demand.v2i1.140

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911

Hariono, R., & Marlina, M. A. E. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediator Pada Star Motor Carwash. Performa, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.37715/jp.v6i1.1904

Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452

Mahemba, U. S. A. K. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli ulang konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Studi pada mahasiswa pengguna Smartphone Xiaomi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Sanata Dharma University.

Muiszudin, O. S. (2017). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Di PT.Arwana Internusa Tour Pontianak. Jurnal Manajemen Motivasi, 12(1), 626. https://doi.org/10.29406/jmm.v12i1.432

Mulyadi, M. N. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Lapis Talas Kujang Bogor untuk Keperluan Usaha Waralaba. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 511–518. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i3.1539

Oktaviani, S., & Hernawan, E. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Lunica. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen, 10(2), 1–15. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6451%0Ahttp://repository.stei.ac.id/6451/3/BAB 2.pdf

Priansa, D. (2018). Perencanaan & Pengembangan SDM. Alfabeta.

Priharto, S. (2020). Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis. Accurate.

Rahmawati, M., Hijuzaman, O., & Yudhanegara, D. (2022). Pengaruh Harga , Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah melalui mediasi Kepuasan Pelanggan di PT . Bumi Jaya Propertindo The effect of Price , Product , and Location on Home Purchase Decision through Customer Satisfaction Mediation at PT . B. Jurnal Teknologika (Jurnal Teknik-Logika-Matematika), 12(2), 289–294.

Sudarsono. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Matahari Department Store Mall Panakkukang Makassar. Journal of Economics, Business and Administration (JEBA), 1(1), 35–44.

Sumarsid, & Paryanti, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70–83. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.867

Sumarwan, U. (2018). Riset Pemasaran dan Konsumen, Panduan Riset dan Kajian: Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas, dan Persepsi Risiko. IPB Press.

Syahidin, S., & Adnan, A. (2022). Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Gajah Putih Journal of Economics Review, 4(1), 20–32. https://doi.org/10.55542/gpjer.v4i1.209

Published
2024-06-01
How to Cite
Septyani, N., & Ary Pratiwi, K. (2024). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare di Kota Denpasar pada E-Commerce Shopee dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(6), 1153-1163. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24