PENGARUH PUPUK TRICHODERMA SP. DENGAN MEDIA TUMBUH BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN CABAI MERAH BESAR (Capsicum Frutescens L.)

THE EFFECTS OF TRICHODERMA SP. FERTILIZER WITH DIFFERENT GROWING MIDIA ON THE VEGETATIVE GROWTH OF CHILI PLANT (Capsicum Frutescens L.)

  • Suanda I W Universitas Hindu Indonesia
  • Suarda I W Universitas Hindu Indonesia
  • Ratnadi N. W. SMP Negeri 11 Denpasar-Bali
Keywords: Trichoderma sp, media tumbuh, pertumbuhan vegetatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk Trichoderma sp. dari media yang berbeda terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman cabai dan untuk mengetahuni pada jenis media tumbuh yang dapat memberikan petumbuhan yang paling optimal. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium Biologi FPMIPA IKIP PGRI Bali dari bulan April sampai bulan Juni 2018. Penelitian dengan perlakuan P0 (tanpa pupuk Trichoderma sp.), P1 (pupuk Trichoderma sp. dari media talas), P2 (pupuk Trichoderma sp. dari media singkong), P3 (pupuk Trichoderma sp. dari ketela malem), P4 (pupuk Trichoderma sp. dari media jagung), P5 (pupuk Trichoderma sp. dari media kentang) yang diulang masing-masing sebanyak empat kali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bibit cabai merah besar varietas Megatop F1 dengan jumlah 100 tanaman dan sampel sebanyak 72 tanaman yang telah berumur 3 minggu dimana setiap kelompok berisi 3 tanaman cabai rawit. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang tinggi dan jumlah daun tanaman cabai rawit. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis varian (ANAVA) dengan uji F dan taraf signifikansi 5% yang dilanjutkan dengan uji BNT. Berdasarkan hasil analisis ada pengaruh pupuk Trichoderma sp. dari media tumbuh yang berbeda terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman cabai besar. Hasil analisis yang memberikan pengaruh paling efektif dan pertumbuhan yang paling optimal diperoleh pada perlakuan P4 (Trichoderma sp. dari media jagung).
 

Published
2020-03-28