PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

  • Anak Agung Ketut Raka Universitas Hindu Indonesia
  • I Ketut Winantra Universitas Hindu Indonesia
Keywords: mutu, profesionalisme, guru

Abstract

ABSTRAK

            Di Indonesia peningkatan mutu pendidikan merupakan sasaran pembangunan di bidang pendidikan nasional dan merupakan bagian integral dari upaya peningkatan kualitas manusia secara menyeluruh. Mengingat peran pendidikan sangat penting bagi kehidupan masyarakat, maka pemerintah berupaya untuk meningkatkan kwalitas semua komponen yang dapat menunjang peningkatan mutu pendidikan. Salah satu komponen yang dimaksud adalah peningkatan mutu profesionalisme guru khususnya guru pendidikan agama hindu.

            Ada beberapa komponen strategis yang perlu diperhatikan oleh guru pendidikan agama hindu yaitu permasalahan-permasalahan profesionalisme guru, prinsip-prinsip profesionalisme guru dan upaya peningkatan profesionalisme guru. Permasalahan-permasalahan profesionalisme guru meliputi profesionalisme profesi keguruan, otoritas profesioanal guru, kebebasan akademik dan tanggung jawab moral. Prinsip-prinsip profesionalisme guru meliputi memiliki bakat, minat, panggilan jiwa dan idealisme, memiliki komitmen, kualifikasi akademik, kompetensi, tanggung jawab, penghasilan, kesempatan, jaminan perlindungan hukum dan organisasi profesi. Upaya-upaya profesionalisme guru meliputi terdidik secara baik, terlatih secara baik, dihargai secara baik, terlindungi secara baik dan dikelola secara baik.

ABSTRACT

Indonesia is improving the quality of education is a development target in the field of national education and is an integral part of efforts to improve the quality of society, the government seeks to improve the quality of all components that can support the improvement of the quality of education. one of the components in question is improving the quality of teacher professionalism, especially teachers of Hindu education.

There are several strategic components that need to be considered by Hindu religious education teachers, namely problems - the problems of teacher professionalism, the principles of teacher professionalism and efforts to increase teacher professionalism. problems - the problems of teacher professionalism include professionalism of the teaching profession, teacher professional authority, academic breakdown and moral responsibility. the principles of teacher professionalism include having talent, interest, calling soul and idealism, having commitment, academic qualifications, competence, responsibilities, income, opportunities, legal protection guarantees and professional organizations.Efforts - the efforts of teacher professionalism include well-educated, well-trained, well-respected, well-protected and well-managed.

Published
2019-02-14
Section
Articles