PENDATAAN PELANGGAN SAMPAH BUMDES SIMA SARI DANA DESA KESIMAN PETILAN UNTUK MEMPEROLEH JUMLAH PEMASUKAN OPERASIONAL YANG AKURAT DEMI OPTIMALISASI KINERJA BUMDES DALAM MENANGANI MASALAH SAMPAH YANG DIHASILKAN DARI KEGIATAN MASYARAKAT

  • Luh Sri Handayani Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Bumdes, Pendataan Pelanggan Sampah, Pemasukan Operasional

Abstract

BUMDes Sima Sri Dana merupakan Badan Usaha Milik Desa Kesiman Petilan yang didirikan
untuk mewujudkan peningkatan perekonomian desa dan peningkatan usaha masyarakat dalam
mengelola potensi ekonomi desa. BUMDes Sima Sari Dana memiliki 3 (tiga) unit usaha yang
masih beroperasi hingga saat ini, diantaranya unit toko, unit pengelolaan sampah, dan unit
pupuk. Unit pengelolaan sampah merupakan unit usaha yang dikelola sendiri oleh BUMDes
Sima Sari Dana. Penanganan pengelolaan sampah di Desa Kesiman Petilan saat ini belum
optimal. Dari hasil observasi yang telah dilakukan sebelumnya, ditemukan satu permasalahan
yang belum terselesaikan mengenai pendataan pelanggan sampah BUMDes Sima Sari Dana
Desa Kesiman Petilan. Secara keseluruhan data yang dimiliki oleh BUMDes kurang terstruktur
sehingga menyulitkan BUMDes dalam mendata jumlah pemasukan operasional yang akurat
pada unit pemungutan sampah. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu
menyelesaikan permasalahan data pelanggan sampah di BUMDes Sima Sari Dana Kesiman
Petilan yang kurang terstruktur dengan mendata kembali jumlah pelanggan sampah yang
terdaftar. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah membantu memproses
data pelanggan sampah. Pengabdian ini menggunakan alat digital berupa komputer untuk
membantu proses pendataan. Penggunaan alat digital ini dapat membantu mempercepat
penyusunan data pelanggan sampah menjadi lebih terstruktur.

Published
2024-04-30
Section
Articles