SOSIALISASI KEPADA MASYARAKAT MENGENAI TATA CARA PEMBAYARAN TARIF BUS TRANS METRO DEWATA MELALUI QRIS GUNA MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI UNTUK KEMUDAHAN TRANSAKSI

  • Muhammad Nur Wahid Program Studi Manajemen Transportasi Jalan Politektik Transportasi Darat Bali
  • M.Saddam Hafidz Taftazani Faroby Program Studi Manajemen Transportasi Jalan Politektik Transportasi Darat Bali
  • Dwi Wahyu Hidayat Program Studi Manajemen Transportasi Jalan Politektik Transportasi Darat Bali
  • Tri Hayatining Pamungkas Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ngurah Rai
Keywords: Transportasi Umum, QRIS; Sosialisasi; Pembayaran non-tunai; Literasi Digital; Trans Metro Dewata; Bali.

Abstract

Transportasi umum memiliki peran vital dalam mengurangi kemacetan dan polusi udara di perkotaan. Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan transportasi umum agar masyarakat merasa aman, nyaman, dan lebih memilih moda transportasi ini dibandingkan kendaraan pribadi. Salah satu inovasi terbaru dalam era digital adalah penerapan pembayaran non-tunai menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Namun, adopsi teknologi ini menghadapi kendala seperti kurangnya kesadaran masyarakat, keterbatasan infrastruktur, dan rendahnya literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan adopsi masyarakat terhadap QRIS dalam pembayaran tarif bus Trans Metro Dewata di Bali melalui kegiatan sosialisasi langsung di Terminal Ubung. Metode yang digunakan meliputi survei untuk mengukur tingkat pemahaman masyarakat sebelum dan sesudah sosialisasi, serta sosialisasi langsung yang melibatkan demonstrasi praktis dan sesi tanya jawab. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman pengguna tentang QRIS. Sosialisasi langsung terbukti efektif dalam menjelaskan konsep, manfaat, dan prosedur penggunaan QRIS, serta meningkatkan kesadaran akan keamanan transaksi digital. Namun, beberapa tantangan seperti kesulitan pengguna yang lebih tua dan keterbatasan infrastruktur perlu diatasi untuk memastikan adopsi yang lebih luas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sosialisasi langsung di Terminal Ubung berhasil meningkatkan pemahaman dan penerimaan masyarakat terhadap QRIS sebagai metode pembayaran yang efisien dan aman. Rekomendasi meliputi peningkatan literasi digital berkelanjutan dan perbaikan infrastruktur untuk mendukung transformasi digital di sektor transportasi umum di Bali.

References

Hanafi, I.S., Aenurrahman., Resiartha, W. S. G. D., Hidayat, W. D., Pamungkas, H. T. (2024). Analisis Kinerja Angkutan Umum Trans Metro Dewata (Studi Kasus : Koridor 2B Terminal Ubung – Bandara Ngurah Rai). Jurnal Ilmiah Kurva Teknik, 12 (1), 1-7.

Kamilah, L. K., Haryati, D., Arlita, W., Noviansyah, R. R., & Kustina, L. (2024). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Manfaat, Dan Risiko Terhadap Penggunaan QRIS Untuk Transaksi Pembayaran Pada UMKM. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 2(01), 16-21.

Mayrisha, D. R. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Behavioral Intention (Niat Perilaku) Pengguna Mikrotrans Jaklingko di DKI. GEMA PUBLICA, 8(1), 42-55.

Nainggolan, E. G. M., Silalahi, B. T. F., & Sinaga, E. M. (2022). Analisis Kepuasan Gen Z Dalam Menggunakan QRIS Di Kota Pematangsiantar. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 4 (1), 24–32.

Nurhadi, N., Suhaidi, M., & Latip, L. (2022). Implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Dalam Pembayaran Uji Kir Kendaraan Di Dinas Perhubungan Kota Dumai. Sebatik, 26(2), 557-564.

Pamungkas, P., Syamsiah, N., & Budikartini, A. (2023). Penggunaan Aplikasi QRIS Pembayaran Non Tunai untuk Meningkatkan Transaksi Penjualan Outlet di Wisata Belanja Jeans Cihampelas Bandung. Tourism Scientific Journal, 8(2), 266-276.

Prakoso, F. A., Hayya, A. F., Larasati, A., & Kurniati, D. (2023). Edukasi Penggunaan QRIS Untuk Mempercepat Pembayaran Pada Kedai Es Ncang Om. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, 1, 29-35.

Pratama, P. K., & Farida, I. (2020). Analisis Kebutuhan Angkutan Online di Kabupaten Garut. Jurnal Konstruksi, 18(1), 11-19.

Suhargon, R. (2021). Kebijakan Pemerintah Dalam Penataan Angkutan Umum Dalam Menambah Pendapatan Asli Daerah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 426-430.

Zusrony, E., Anzie, L. P., Asti, P., Manalu, G., Permana, I., & Imaliya, T. (2023). Analisis Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Perceived Risk Terhadap Minat Penggunaan Pembayaran Digital Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Pada Pelaku UMKM. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 200-206.

Published
2024-10-30