PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • NI Nyoman Aryanawati aryana SD Negeri 1 Bajera Utara
Keywords: Pendidikan, Model Pembelajaran, PBL

Abstract

Pendidikan agama mencoba memproyeksikan bangsa Indonesia tidak hanya cerdas secara nalariah tetapi juga berahklak secara rohaniah. Dalam konteks Hindu model pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran Agama Hindu yang berbasis masalah adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based Learning mengajak peserta didik untuk mampu memecahkan permasalahan yang melibatkan peserta didik secara langsung. Penelitian ini fokus pada beberapa rumusan masalah (1) bagaimana penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (2) bagaimana PBL mampu meningkatkan pretasi belajar siswa. Menjawab rumusan masalah di atas diperlukan data-data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Dari data yang diperoleh didapat hasil yaitu 1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning menjadi titik awal pembelajaran. Masalah yang digunakan yakni bersifat konstektual dan otentik. Masalah mendorong lahirnya kemampuan siswa berpendapat secara multiperspektif. Masalah yang digunakan dapat mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta kompetensi siswa. Model Problem Based Learning berorientasi pada pengembangan belajar mandiri. 2) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari rata-rata nilai 71 menjadi 80.

References

Aisyah, H., Wiryanto, & Muhimmah, H. A. 2023. Konsep Merdeka Belajar dalam Perspektif Teori Belajar Humanistik. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 08(01).
Amalia, V. R., & Asbari, M. 2023. Merdeka Belajar: Solusi Awal Transformasi Pendidikan Indonesia?. Journal of Information Systems and Management, 02(05), 62–67.
Basuki, Rahman, A., & Dkk. 2023. Perjalanan menuju Pemahaman yang Mendalam mengenai Ilmu Pengetahuan: Studi Filsafat tentang Sifat Realitas. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(2), 722–734.

Doa, F., & Tarihoran, E. 2024. Kreativitas Dalam Penyampaian Katekese Digital Untuk Membangun Pengalaman Berarti. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 2(2), 52–60.
Hartik, Novitasari, N., & Rahman, T. A. 2023. Penerapan Problem Based Learning (Pbl)Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Di Ra. Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 7(1), 18–29.

Jayanti, & Akbar, R. 2023. Kemampuan Menulis Puisi Baru melalui Pendekatan Outdoor Learning pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2022/2023. Uwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 27–37.

Meléndez, M. N., Guerrero, G. R., & González, C. 2023. What is Meant by Scientific Literacy in the Curriculum ? A Comparative Analysis between Bolivia and Chile. Cultural Studies of Science Education, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11422-023-10190-3

Nurluthfiana, F., & dkk. 2023. Kemampuan Kreativitas Anak Melalui Media Kerajinan Kain Flanel Pada Teori Kontruktivism. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Mateandrau), 399–408.
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Jakarta: Rajawali Press
Rabbani, A. R., Artayasa, I. P., & Raksun, A. 2023. Pengaruh Model Contextual Teaching and LearningDengan MetodeOutdoor LearningTerhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Labuapi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1297–1306.

Ruhukail, C. J., & Koerniawati, T. 2021. Jurnal Ilmu Informasi , Perpustakaan dan Kearsipan Persepsi Pustakawan terhadap Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku. JIPK: Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan, 23(2), 79–94. https://doi.org/10.7454/JIPK.v23i2.002
Supriyanto, R., & Pradana, R. D. 2022. Implementasi Ajaran Catur Guru Dalam Meningkatkan Sikap Hormat Dan Bhakti Terhadap Guru Pada Siswa Hindu Kelas V Sdn Ngadirejo 1 Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Widya Aksara Jurnal Agama Hindu, 27(2), 234–242.
Tinentang, N. C., & dkk. 2023. Dampak Terapi Naratif pada Persepsi Realitas dalam Konseling: Analisis Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 536–541.

Veriana, Safitri, D., & Sujarwo. 2024. Peran Metode Outdoor StudyDalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3345–3354.

Wulansari, A., & Rosmiati. 2024. c. Problem Based Learning (PBL)Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran AGAMA HINDU Materi Kegiatan Ekonomi Di Sekolah Dasar. Variabel Research Journal, 1(2), 399–405.
Published
2024-10-10
How to Cite
[1]
N. N. A. aryana, “PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA”, vw, vol. 7, no. 2, pp. 1-12, Oct. 2024.