STUDI KORELASI DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS V SD SARASWATI 5 DENPASAR

  • Ni Putu Sinta Universitas Hindu Indonesia Denpasar
  • I Ketut Sukrawa Universitas Hindu Indonesia Denpasar
  • W.A. Sindhu Gitananda Universitas Hindu Indonesia Denpasar
Keywords: Studi Korelasi, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar, Budi

Abstract

Keberhasilan belajar pada mata pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti, dapat dilihat dari hasil belajar kognitif berupa prestasi belajar dan hasil afektif berupa budi pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis bahwa Disiplin Belajar (X1) berkorelasi positif yang signifikan dengan prestasi belajar pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas V SD 5 Saraswati Denpasar (Y1) dan (Y2). Penelitian ini dilaksanakan sesuai rancangan ex-post facto; variabelnya tidak bisa dimanipulasi dan sifatnya sudah terjadi. Hasil penelitian memperlihatkan terdapat korelasi yang positif signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar, dengan koefisien korelasi hitung sebesar 0,512 > r tabel 0,197 dan sebesar 0,151 masing-masing pada taraf 1% dan 5%, dengan jumlah subyek 169. Di samping itu juga terdapat korelasi yang positif signifikan antara disiplin belajar dengan budi pekerti siswa, dibuktikan dengan koefisien korelasi hitung sebesar 0,746 > r tabel 0,197 dan sebesar 0,151 masing-masing pada taraf 1% dan 5%, dengan jumlah subyek 169. Temuan ini dapat dijadikan dasar untuk menerima h(Ha2) disiplin belajar (X1) berkorelasi positif yang signifikan dengan budi pekerti siswa kelas V SD Saraswati 5 Denpasar (Y2).

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam
Dinamika Belajar Siswa. Jakarta: Deepublish.
Diatmika, Sujana, Putra (2017). Korelasi antara Disiplin dalam Belajar dengan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2016 – 2017, dalam Journal of Education T echnology V ol. 1 No. (3) pp. 156-162. url https://ejournal.undiksha.ac.id/JET/article/download/12499/7829
Duwijo dan Darta, I Ketut. 2014. Buku Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas V Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Kristiyanti. 2016. Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV Sd Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. (akses tanggal 28 November 2017), Tersedia dalam url http://lib.unnes.ac.id/
Sandika, Ketut. 2014. Membentuk Siswa Berkarakter Mulia melalui Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Himdu Telaah Kitab Chandogya Upanisad. Surabaya: Paramitha.
Sudijono. 2012. Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tulus, Tuu. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT.
Grasindo.

Published
2020-10-28