TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI ERA NEW NORMAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA HINDU DITINJAU DARI SEGI SOSIO-ETIKA PADA SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU NEGERI MPU KUTURAN SINGARAJA

  • Ni Rai Vivien Pitriani Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
Keywords: Pendidikan Religius Hindu, ra Normal Baru, endidikan Sosial Etika

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengungkap transformasi pendidikan di Era Normal Baru dalam perspektif pendidikan agama Hindu ditinjau dari sosio-etika di Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Berdasarkan analisis, Era New Normal merupakan suatu kondisi dimana masyarakat saat ini harus bisa hidup berdampingan dengan Covid-19 namun tetap berpegang pada protokol kesehatan yang diberikan oleh pemerintah. Perkembangan pendidikan dilihat dari 3 unsur penting yaitu unsur ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Dari segi ontologis terlihat bahwa dosen dan mahasiswa mampu membangkitkan kesadaran untuk dapat melaksanakan pembelajaran secara online dan harus terbiasa menggunakan IT. Dari segi epistemologi, dosen menyiapkan bahan ajar / bahan ajar yang dapat mendukung pembelajaran online seperti materi berupa powerpoint, teks dan video pembelajaran. Dari sisi aksiologis, dosen dan mahasiswa senantiasa berupaya untuk menjalankan etika yang baik pada saat terjadi pandemi dengan mematuhi aturan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Dalam proses pembelajaran online mahasiswa tidak bertatap muka langsung dengan dosen, penilaian yang dilakukan dosen adalah penilaian terhadap sosio-etik atau etika sosial, bagaimana etika mengkomunikasikan mahasiswa dalam lingkungan sosial, dalam hal ini etika dalam media sosial. . Rata-rata mahasiswa telah mampu menunjukkan cara dan etika berkomunikasi dengan dosen maupun dengan rekan kerja melalui media sosial baik di google class maupun whatsapp.

References

Candra, Xaverius. 2016. Bahan Ajar Etika Sosial. Surabaya : Widya Mandala Catholic University Suarabaya
Cudamani. 1993. Pengantar Agama Hindu. Jakarta : Hanuman Sakti
Darmadi, Hamid. 2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung : Alfabeta
Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Donder, I Ketut & Wisarja, I Ketut. 2010. Filsafat Ilmu :Apa, Bagaimana, untuk Apa Ilmu Pengetahuan itu, dan Hubungannya dengan Agama?. Surabaya : Paramita
98
Farozin., Muh. & Fathiyah, Kartika Nur. 2004. Pemahaman Tingkah Laku. Jakarta : Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Hasbullah. 2007. Otonomi Pendidikan (Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif.. Jakarta : Gaung Persada Press.
Indrakusuma, Amir Daien. 1973. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional
Karda, Made. 2007. Sistem Pendidikan Agama Hindu (Berdasarkan SK Dikti No. 38/DIKTI/Kep/2002). Surabaya : Paramita
Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tanggal 20 Mei 2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19
Leahy, Louis. 2005. Sains dan Agama dalam Konteks Zaman Ini. Yogyakarta : Kanisius
Moekijat. 2002. Dasar-dasar Motivasi. Bandung : Pionir Jaya
Ngurah, I Gst. Md, dkk. 1999. Pendidikan Agama Hindu Untuk Perguruan Tinggi. Surabaya: Paramita.
PHDI. 1993. Pedoman Pembinaan Umat Hindu Dharma Indonesia. Denpasar : Upada Sastra
Sanjaya, Putu. 2011. Filsafat Pendidikan Agama Hindu. Surabaya : Paramita
Subramuniyaswami, Satguru Sivaya. 2005. Bagaimana Menjadi Hindu. Jakarta : Media Hindu
Sumaatmaja, Nurid. 2003. Manusia Dalam Konteks Sosial Budaya dan Lingkungan Hidup. Bandung : Alfabeta
Titib, I Made & Sapariani, Ni Ketut. 2006. Keutamaan Manusia dan Pendidikan Budhi Pekerti. Surabaya : Paramita
Wiana, I Ketut. 2007. Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu. Surabaya : Paramita
Winataputra, Udin S. dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : UT
Yusuf, Syamsu. 2002. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
99
Published
2020-10-28