PANDEMIK DAN BELAJAR SECARA DARING DI PRODI KARAWITAN FAKULTAS PENDIDIKAN UNHI DENPASAR

  • I Nyoman Winyana Universitas Hindu Indonesia
  • pande gede eka mardiana Universitas Hindu Indonesia
Keywords: pandemik, belajar online, prodi karawitan

Abstract

The COVID-19 pandemic has brought about a major change in learning traditions. Likewise, what happened in the Hindu religious music education study program at Denpasar University. It is interesting to study because the change in the process may have had an impact. This study does not seem to have received serious attention from intellectual circles. Learning problems that are applied online systems are often seen as the right method process during a pandemic. The question is how the system's online learning process is implemented and what impact will it have if it is applied to the Hindu religious Karawitan Education study program. The purpose of this study is to find answers to the success and other impacts experienced when online systems are applied in learning. The approach used in this study is to use a qualitative approach in which data is obtained through direct and indirect data. The behavioritic learning theory approach which emphasizes the process of structured knowledge obtained due to the stimulus to give birth to more complete knowledge is an important reference in this study. The results of this study found that the weaknesses and strengths that were observed in the online system showed that there were several obstacles in communication that determined the end of achieving goals that were less than optimal.

 

ABSTRAK

Pandemik corona 19 telah membawa perubahan besar pada tradisi pembelajaran. Demikian juga hal nya apa yang terjadi di prodi pendidikan karawitan keagamaan Hindu Universitas Denpasar. Menarik dikaji karena perubahan proses itu mungkin saja telah memberi dampak. Kajian ini tampaknya belum mendapat perhatian serius dari kalangan intelektual. Permasalahan pembelajaran yang diterapkan secara online sistem seringkali dipandang sebagai proses metoda yang tepat di saat pandemic. Pertanyaannya adalah bagaimana proses pembalajaran online sistem itu diterapkan dan dampak apa yang terjadi bila diterapkan pada prodi Pendidikan Karawitan keagamaan Hindu. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mendapatkan jawaban atas keberhasilan dan dampak lainnya yang dialami ketika online sistem diterapkan dalam pembelajaran. Adapun pendekatan yang digunakan dalam kajian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif di mana data yang diperoleh lewat data langsung dan tak langsung. Pendekatan teori belajar behavioritik yang menekankan pada proses pengetahuan secara tersetruktur yang diperoleh karena adanya rangsangan untuk melahirkan pengetahuan yang lebih lengkap menjadi rujukan penting dalam kajian ini. Hasil kajian ini menemukan bahwa kekurangan dan kelebihan yang terpantau dalam sistem online menunjukan adanya beberapa hambatan dalam komunikasi yang menentukan akhir dari pencapaian tujuan yang kurang maksimal.

References

Anugrahana, Andri. 2020. “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10 (3): 282–89. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v 10.i3.p282-289.

Atsani, KH Lalu Gede Muhammad Zainuddin, 2020., “Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi covid-19”, Penerbit Gavagama; Jakarta

Firdaus, Firdaus. 2020. “Implementasi dan hambatan pada pembelajaran daring di masa pandemi covid 19.” utile: Jurnal Kependidikan 6 (2): 220–25. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.10 09.

Handarini, Oktafia Ika. 2020. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home
Huda, (SFH).....” 8: 8.

Irkham Abdaul. 2020. “Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kulaitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar” 2: 5.

Jamaluddin, Dindin, Teti Ratnasih, Heri Gunawan, and Epa Paujiah. n.d. “Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi,” 10.

Kirom, Askhabul. 2017. “Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural” 3: 12.

Mastoah, Imas. 2020. “Kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar pada masa covid 19 di kota serang”
5 (2): 10.

Oktawirawan, Dwi Hardani. 2020. “Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 20 (2): 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2 .932.

Semium Yustinus (2019)., “ Teori Teori Belajar Bihavioristik, Penerbit Gavagama; Jakarta
Published
2022-05-21