PEMANFAATAN FL STUDIO SEBAGAI PROSES KREATIVITAS SENI KARAWITAN (BALEGANJUR) DIMASA PANDEMI PADA KOMUNITAS SENI JARI SHIDI DIPURA PANTI PASEK GEL GEL BR. PEMBUNGAN SESETAN

  • I Kadek Yoga Dwi Saputra Universitas Hindu Indonesia
  • I Wayan Sudiarsa Universitas Hindu Indonesia
  • I Nengah Artawan Universitas Hindu Indonesia
Keywords: FL studio, seni karawitan, pandemi

Abstract

FL Studio is a digital station application that is used to record, convert and create audio, FL Studio was developed by a company called Image-Line in 2014, this research focuses on the use of FL Studio as a medium in the creative process of Karawitan Art (Baleganjur) which is 

expected to help the creative process of Karawitan Art (Baleganjur) during the Pandemic become more effective and efficient, Based on this, the problems studied in this study include (1) How is the concept of utilizing FL Studio as a creative process of musical art in the finger shidi art community. (2) What is the process of making percussion through the use of FL Studio as a creative process of musical art in the finger shidi art community. (3) What are the obstacles faced in using FL Studio as a creative process of musical art in the finger shidi art community. The results of the analysis show: (1) How is the concept of using FL Studio as a creative process of musical art in the finger art community, the use of Fl Studio is expected to help the Baleganjur percussion learning process become more effective considering the pandemic situation like this (2) How is the process of making percussion through the use of FL The studio as a creative process of musical art in the finger shidi art community consists of several processes, namely first the trainer will make an mp3 in the FL Studio application and after that it will be poured directly to the musicians.

 

ABSTRAK

FL Studio adalah aplikasi stasiun digital yang dipergunakan untuk merekam, mengubah dan membuat audio, FL Studio dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Image-Line pada tahun 2014, penelitian ini berfokus pada pemanfaatan FL Studio sebagai media dalam proses kreativitas Seni Karawitan (Baleganjur) yang diharapkan dapat membantu proses kreativitas Seni Karawitan (Baleganjur) dimasa Pandemi menajdi lebih efektif dan efisien, Berdasarkan hal tersebut permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana konsep pemanfaatkan FL Studio sebagai proses kreativitas seni karawitan di komunitas seni jari shidi. (2) Bagaimana proses pembuatan tabuh melalui pemanfaatan FL Studio sebagai proses kreativitas seni karawitan di komunitas seni jari shidi (3) Apakah kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan FL Studio sebagai proses kreativitas seni karawitan di komunitas seni jari shidi. Hasil analisis menunjukan: (1) Bagaimana konsep pemanfaatan FL Studio sebagai proses kreativitas seni karawitan di komunitas seni jari shidi pemanfaatan FL Studio diharapkan dapat membantu proses pembelajaran tabuh baleganjur menjadi lebih efektif memingat situasi pandemi seperti ini (2) Bagaimana proses pembuatan tabuh melalui pemanfaatan FL Studio sebagai proses kreativitas seni karawitan di komunitas seni jari shidi terdiri dari beberapa proses yaitu pertama pelatih akan membuat mp3 di aplikasi FL Studio dan setelah itu akan di tuangkan kepada penabuh secara langsung

References

Arikunto, Suharmi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto, Suharmi. 1999 Avaluasi Program Pendidikan. Bumi aksara Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Bandem, I Made.1983. Ensiklopedi Gamelan Bali. Denpasar: Akademi Seni Tari Indonesia Denpasar Bandem, 1986. Prakempa Sebuah Lontar Gamelan Bali. Akademi : Seni Tari Indonesia.

Cahya Hendra Sujana, I Wayan, 2021. Metode Pembelajaran Gending Sekar Sari Dalam Gamelan Gender Wayang Bagi Anak-Anak Di Sanggar Dwi Guna Budaya Banjar Pengubengan Kauh Desa Kerobokan Kabupaten Badung

Darmodjo, Hendro . 1992. Pendidikan Ilmu Pengetahuan . Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud.

Dibia, 1999. Selayang Pandang Seni Pertunjukan Bali. Bandung . Denpasar : STIS

Dibia, I Wayan, 1977/1978. Pengantar Karawitan Bali, Denpasar : Proyek Peningkatan dan Pengembangan ASTI Denpasar.

Djelantik, A.A Made, 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Jakarta : MSPL.

Djelantik, A.A Made, 2008. Estetika Sebuah Pengantar. Jakarta : MSPL.

Iqbal, Hasan. 2002. Metodelogi Penelitian Jakarta : Galia Indo Press.

Jazuli, M.2008. Paradigma kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya ; Unesa Press

Karmini, 2012. Media Pembelajaran : Sari Kahyangan Indonesia

Moleong, Lexy J. 2004 Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rusda Karya.

Poerwadarmita. W.J S. 1976. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : PN Balai Pustaka

Suarjaya, I Nyoman Pula, 2014. Metode Pembelajaran Seni Gamelan Pada Anak Anak Tuna Netra Di SLB A Denpasar

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta : kencana.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&d. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. IKPI.

Suwardani, dkk. 2012. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian. Denpasar : Pustaka Laksana.
Published
2022-05-21