STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK SIKAP SOSIAL SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 BUKIAN, DESA BUKIAN, KECAMATAN PAYANGAN, KABUPATEN GIANYAR
Abstract
ABSTRAK
Di sekolah, guru memiliki peran penting dalam membentuk sikap sosial siswa. Selama proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 ditemukan permasalahan pada sikap sosial siswa, untuk mengatasinya guru harus memiliki strategi yang tepat. Seperti halnya guru pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti di SD Negeri 2 Bukian. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data yang terkumpul kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh, adalah sebagai berikut pertama Pandangan guru terhadap pentingnya membentuk sikap sosial siswa di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Bukian yaitu Peningkatan Mutu Pendidikan dan Mewujudkan Tujuan Pelaksanaan Kurikulum 2013, kedua Strategi guru pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti dalam membentuk sikap sosial siswa di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Bukian yaitu Strategi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Strategi Pembelajaran Afektif, dan Strategi Penugasan, serta ketiga Kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti dalam membentuk sikap sosial siswa di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Bukian, kendala yang dihadapi yaitu Waktu belajar siswa di sekolah terbatas, Kondisi lingkungan keluarga, dan Faktor siswa. Sedangkan solusi yang dilakukan yaitu Memberikan motivasi kepada siswa, Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mematuhi aturan sekolah, Mengajarkan ajaran Panca Satya, dan Menjalin kerja sama yang baik dengan orang tua siswa
Kata Kunci : Strategi Guru, Sikap Sosial, Pendidikan Agama Hindu, Covid-19
ABSTRACT
In schools, teachers have an important role in shaping students' social attitudes. During the learning process during the Covid-19 pandemic, problems were found in students' social attitudes, to overcome them the teacher must have the right strategy. Like the Hindu religious education teacher and Budi Pekerti at SD Negeri 2 Bukian. Data were obtained through observation, interviews, and document studies. The collected data is then processed and presented in a qualitative descriptive form. The results of the research obtained are as follows: First, the teacher's view on the importance of forming students' social attitudes during the Covid-19 pandemic in class VI SD Negeri 2 Bukian, namely Improving the Quality of Education and Realizing the Implementation Goals of the 2013 Curriculum, secondly, strategies for Hindu and Buddhist religious education teachers Character in shaping students' social attitudes during the Covid-19 pandemic in grade VI SD Negeri 2 Bukian, namely Limited Face-to-face Learning Strategies, Affective Learning Strategies, and Assignment Strategies, as well as the three obstacles faced and solutions made by Hindu religious education teachers and Budi Pekerti in forming social attitudes of students during the Covid-19 pandemic in grade VI SD Negeri 2 Bukian, the obstacles faced were limited student learning time at school, family environmental conditions, and student factors. While the solutions that are carried out are providing motivation to students, giving warnings to students who do not comply with school rules, teaching the teachings of the Panca Satya, and establishing good cooperation with students' parents.
Keywords: Teacher Strategy, Social Attitude, Hindu Religious Education, Covid-19
References
Djamarah dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamlik, Oemar. 1992. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Maryani, dkk. 2020. Buku Penunjang Materi Agama Hindu dan Budi Pekerti Untuk Siswa SMP Kelas VII (K-13). Denpasar: Tri Agung.
Rosidah. 2019. “Strategi Pembelajaran Dalam Menanamkan Sikap Sosial Siswa di Kelas V MIN 2 Bandar Lampung”. Skripsi. S1 Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri.
Samani dan Hariyanto. 2018. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Suderadjat, Hari. 2004. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS), Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK. Bandung: Cipta Lekas Garafika.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta