STRATEGI PEMBELAJARAN TARI MARGAPATI TERHADAP PESERTA DIDIK TUNADAKSA DI SLB D YPAC, DESA JIMBARAN, KECAMATAN KUTA SELATAN, KABUPATEN BADUNG
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan pada dasarnya merupakan hak dari seluruh lapisan masyarakat tanpa harus memandang ras, suku, agama, keadaan sosial, fisik maupun mental seseorang. Karena pendidikan menjadi hak dari seluruh masyarakat, maka dibentuklah SLB (Sekolah Luar Biasa) YPAC (Yayasan Pembinaan Anak Cacat) Bali untuk peserta didik berkebutuhan khusus, khususnya tunadaksa. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan pendidik dan strategi pembelajaran yang tepat agar peserta didik dapat menerima pembelajaran dengan baik. Pendidik dituntut peka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, maupun sosial. Dalam perkembangan budaya di SLB D YPAC Bali diterapkan dalam pembelajaran tari Margapati.
Kata Kunci : Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Tari Margapati, Tunadaksa.
ABSTRACT
Education is basically the right of all levels of society regardless of race, ethnicity, religion, social, physical or mental condition of a person. Because education is the right of the whole community, the YPAC (School for the Development of Disabled Children) Bali SLB (School for Special Needs) was formed for students with special needs, especially the quadriplegic. In the learning process, educators and appropriate learning strategies are needed so that students can receive learning well. Educators are required to be sensitive to scientific, technological, cultural and social developments. In the development of culture at SLB D YPAC Bali it is applied in learning the Margapati dance.
Keywords: Education, Learning Strategies, Margapati Dance, Physically Disabled.
References
Alhamdani, Thalha dan Budur Anufia. 2019. Resume : Instrumen Pengumpulan Data. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong.
Astiari, Ni Luh Putu Pande Yuni. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Dramatari Arja Basur Pada Tokoh Gede Basur di Sanggar Purwa Kanthi Banjar Melinggig Desa Melinggih Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari Keagamaan Hindu Universitas Hindu Indonesia Denpasar.
Bandem, I Made. 2004. Kaja dan Kelod Tarian Bali Dalam Transisi. Institut Seni Indonesia Jogjakarta
D., Misbach. 2012. Seluk-Beluk Tunadaksa & Strategi Pembelajaran. Jogjakarta : Javalitera
Depdiknas. (2003). Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang SIstem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Dibia, I Wayan. 2013. Puspasari Seni Tari Bali. Denpasar Bali.
Djayus, Nyoman BA. 1980. Teori Tari Bali. Sekolah Tinggi Seni Bali : Denpasar.
Djelantik, A.A.M. 2008. Estetika : Sebuah Pengantar. Jakarta : Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.
Moleong, J Lexi. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda Karya.
Nursita, Ni Putu Eva. 2015. Metode Pembelajaran Tari Panyembrahma Pada Anak-Anak Tunarungu Di SLB Negeri Sidakarya, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari Keagamaan Hindu Universitas Hindu Indonesia Denpasar.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Saputri, Nina. 2011. Pembelajaran Tari Untuk Penyandang Tuna Grahita Ringan Pada Kegiatan Ekstra Kurikuler Tari di SLB C Widya Bhakti Semarang. Skripsi Jurusan Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.
Septyani, Ni Made. 2014. Model Pembelajaran Seni Tari Puspanjali Pada Anak-Anak Disabilitas di Sanggar Sekar Dewata Desa Serongga Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari Keagamaan Hindu Universitas Hindu Indonesia Denpasar.
Soedarsono. 1977. Tari-tarian Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suparno. 2007. Bahan Ajar Cetak Pendidikan ANak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dapertemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Suprayoda, dan Tobroni. 2001. Metode Penelitian Sosial. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Suwardani, dkk. 2012. Pedoman Penulisan Usulan Penelitia Skripsi. Denpasar : Pustaka Larasati.