PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI BAGI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 BATUAN SUKAWATI GIANYAR
Keywords:
Pembelajaran berdiferensiasi, Pendidikan Agama Hindu dan budi Pekerti
Abstract
Pendidikan memiliki peran yang krusial dalam perkembangan individu serta karakter siswa. Hal ini nampak dalam pendidikan agama Hindu, yang tidak hanya menekankan pembelajaran mental dan spiritual, tetapi juga berusaha membentuk akhlak yang baik melalui ajaran agama. Dalam pembelajaran berdiferensiasi pada pendidikan agama Hindu dan budi pekerti, penekanan berada pada penggunaan metode yang dapat memenuhi kebutuhan siswa. Pembelajaran yang disesuaikan memberi guru kesempatan untuk menciptakan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan setiap siswa, sehingga meningkatkan partisipasi aktif mereka dalam proses belajar. Melalui metode ini, diharapkan siswa akan memperoleh pengetahuan yang tidak hanya terbatas pada teori, tetapi juga dapat menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana pihak sekolah memahami pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti bagi siswa kelas V di SD Negeri 3 Batuan?, proses pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama hindu dan budi pekerti bagi siswa kelas V di SD Negeri 3 Batuan, dan Bagaimana implikasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama hindu dan budi pekerti bagi siswa kelas V di SD Negeri 3 Batuan?. Teori yang digunakan untuk memecah masalah penelitian adalah Teori Konstruktivisme dan Teori Belajar Bermakna. Penelitian ini berbentuk rancangan kualitatif deskriptif. Data yang di kumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: 1) pihak sekolah memahami pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti, 2) proses pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti, dan 3) implikasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti.References
Anisa, F. W., Fusilat, L. A., & Anggraini, I. T. (2020). Proses pembelajaran pada sekolah dasar. NUSANTARA, 2(1), 158-163.
Darmayanti, N., Manurung, K. S. B., Hasibuan, H., Puspita, S., Ginting, M. F. S., & Harahap, M. A. (2023). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3388-3395.
Darta, I. N. (2020). Pendidikan Agama Hindu Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 7(2), 97-103.
Lubis, R., Rahmadani, A., Fadillah, A. R., Fadillah, F., Putri, W. A., Nasution, L. K., & Khairunnisa, K. (2025). Implikasi Perkembangan Kognitif Afektif Psikomotorik Moral dan Spiritual Peserta Didik dalam Pembelajaran pada Sekolah Dasar Kelas 6. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 3(1), 148-159.
Mahfudz, M. S. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533-543.
Pabesak, R. R., & Santoso, M. P. (2023). Penerapan metode ceramah dan tanya jawab dalam proses pembelajaran daring di SD kristen di medan. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 1-6.
Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.
Subawa, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperaktif Learning Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 4 Tenganan. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1), 15-21.
Darmayanti, N., Manurung, K. S. B., Hasibuan, H., Puspita, S., Ginting, M. F. S., & Harahap, M. A. (2023). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3388-3395.
Darta, I. N. (2020). Pendidikan Agama Hindu Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 7(2), 97-103.
Lubis, R., Rahmadani, A., Fadillah, A. R., Fadillah, F., Putri, W. A., Nasution, L. K., & Khairunnisa, K. (2025). Implikasi Perkembangan Kognitif Afektif Psikomotorik Moral dan Spiritual Peserta Didik dalam Pembelajaran pada Sekolah Dasar Kelas 6. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 3(1), 148-159.
Mahfudz, M. S. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533-543.
Pabesak, R. R., & Santoso, M. P. (2023). Penerapan metode ceramah dan tanya jawab dalam proses pembelajaran daring di SD kristen di medan. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 1-6.
Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.
Subawa, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperaktif Learning Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 4 Tenganan. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1), 15-21.
Published
2025-04-25
Section
Articles