IMPLEMENTASI SKEMA PEMBELAJARAN AGAMA HINDU DI SEKOLAH PENGGERAK (STUDI KASUS PENINGKATAN KESADARAN SPIRITUAL SISWA)
Keywords:
Skema Pembelajaran, Pendidikan Agama Hindu, Sekolah Penggerak, Kesadaran Spiritual
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi skema pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di Sekolah Penggerak serta menganalisis kontribusinya terhadap peningkatan kesadaran spiritual siswa. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pendidikan spiritual dalam membentuk karakter peserta didik yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia sesuai dengan nilai-nilai ajaran Hindu dan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilaksanakan di SD Negeri 7 Pedungan dan SD Negeri 10 Pedungan, yang merupakan bagian dari Sekolah Penggerak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skema pembelajaran Agama Hindu diimplementasikan melalui pembelajaran tematik, praktik spiritual (seperti sembahyang bersama dan pembuatan banten), serta penguatan nilai-nilai tatwam asi, tri kaya parisudha, dan tri hita karana dalam kehidupan sehari-hari siswa. Pembelajaran tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif, tetapi juga pada afektif dan psikomotorik yang menumbuhkan kesadaran spiritual siswa secara menyeluruh. Implementasi ini sejalan dengan teori pendidikan transformatif dan pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning). Penelitian ini menyimpulkan bahwa skema pembelajaran Agama Hindu di Sekolah Penggerak efektif dalam membentuk spiritualitas siswa dan mendukung visi pendidikan nasional yang holistik.References
Ardhana, I. K. (2020). Pendidikan Agama Hindu dalam Perspektif Multikultural dan Global. Denpasar: Paramita.
Ardhana, I. K. (2020). Pendidikan Agama Hindu di Era Digital. Denpasar: Widya Dharma Press.
Astika, I W. (2020). Pendidikan Spiritual dalam Perspektif Hindu. Denpasar: Paramita.
Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: David McKay Company.
Geriya, I. W. (2007). Kearifan Lokal dalam Pendidikan Hindu. Denpasar: Pustaka Bali Post.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek.
Kemendikbudristek. (2021). Buku Panduan Sekolah Penggerak. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.
Lestari, N. K. A. (2021). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Dharma Sastra dan Pendidikan Agama Hindu
Mezirow, J. (1991). Transformative Dimensions of Adult Learning. San Francisco: Jossey-Bass.
Palmer, P. J. (1998). The Courage to Teach: Exploring the Inner Landscape of a Teachers Life. San Francisco: Jossey-Bass.
Putra, I. M. S. (2022). Model Pembelajaran Holistik dalam Pendidikan Agama Hindu. Singaraja: Swadharma Publisher.
Sadhu, M. (2018). Guru Sebagai Pembimbing Spiritual dalam Pendidikan Hindu. Klungkung: Dharma Press.
Sastrawan, I. N. (2018). Nilai-nilai Pendidikan Agama Hindu Berbasis Budaya Bali. Denpasar: Udayana University Press.
Suardana, I. M. (2021). Peran Keluarga dalam Membentuk Karakter Siswa Berbasis Ajaran Hindu. Denpasar: Lontar Press.
Supartha, I. B. G. (2019). Spiritualitas Hindu dalam Pendidikan. Singaraja: Ganesha University Press.
Suryani, L. K. (2017). Psikologi Spiritual dalam Konteks Pendidikan Hindu. Jakarta: LKiS.
Suyasa, I. W. (2020). Revitalisasi Nilai Spiritual Hindu dalam Dunia Pendidikan.: Jurnal Widya Dharma
Tilaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.
Titib, I. M. (2003). Veda dan Tattwa Hindu. Surabaya: Paramita.
Wiana, I. N. (2021). Spiritual Disengagement pada Remaja Hindu dan Implikasinya terhadap Pendidikan Agama.: Jurnal Vidya Samhita,
Ardhana, I. K. (2020). Pendidikan Agama Hindu di Era Digital. Denpasar: Widya Dharma Press.
Astika, I W. (2020). Pendidikan Spiritual dalam Perspektif Hindu. Denpasar: Paramita.
Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: David McKay Company.
Geriya, I. W. (2007). Kearifan Lokal dalam Pendidikan Hindu. Denpasar: Pustaka Bali Post.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek.
Kemendikbudristek. (2021). Buku Panduan Sekolah Penggerak. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.
Lestari, N. K. A. (2021). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Dharma Sastra dan Pendidikan Agama Hindu
Mezirow, J. (1991). Transformative Dimensions of Adult Learning. San Francisco: Jossey-Bass.
Palmer, P. J. (1998). The Courage to Teach: Exploring the Inner Landscape of a Teachers Life. San Francisco: Jossey-Bass.
Putra, I. M. S. (2022). Model Pembelajaran Holistik dalam Pendidikan Agama Hindu. Singaraja: Swadharma Publisher.
Sadhu, M. (2018). Guru Sebagai Pembimbing Spiritual dalam Pendidikan Hindu. Klungkung: Dharma Press.
Sastrawan, I. N. (2018). Nilai-nilai Pendidikan Agama Hindu Berbasis Budaya Bali. Denpasar: Udayana University Press.
Suardana, I. M. (2021). Peran Keluarga dalam Membentuk Karakter Siswa Berbasis Ajaran Hindu. Denpasar: Lontar Press.
Supartha, I. B. G. (2019). Spiritualitas Hindu dalam Pendidikan. Singaraja: Ganesha University Press.
Suryani, L. K. (2017). Psikologi Spiritual dalam Konteks Pendidikan Hindu. Jakarta: LKiS.
Suyasa, I. W. (2020). Revitalisasi Nilai Spiritual Hindu dalam Dunia Pendidikan.: Jurnal Widya Dharma
Tilaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.
Titib, I. M. (2003). Veda dan Tattwa Hindu. Surabaya: Paramita.
Wiana, I. N. (2021). Spiritual Disengagement pada Remaja Hindu dan Implikasinya terhadap Pendidikan Agama.: Jurnal Vidya Samhita,
Published
2025-04-25
Section
Articles