PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KUTA UTARA KABUPATEN BADUNG

  • Ni Putu Sudani
Keywords: Pendekatan SCL, Pendidikan Agama Hindu, Karakter

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang efektif akan menarik minat siswa serta mendorong siswa untuk merubah sikap dan karakter yang ada di dalam diri mereka. Pendekatan SCL merupakan pendekatan yang berpusat pada siswa. Mata pelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti merupakan mata pelajaran yang sangat penting dalam membangun karakter siswa. Dengan diterapkannya pendekatan SCL dalam proses pembelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti akan membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa terhadap pembangunan karakter. Penelitian ini merupakan kajian kualitatif dengan menggunakan teori Kontruktivisme, teori Humanistik, teori Belajar Bermakna. dimana data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik studi dokumen Hasil dari penelitian ini menyimpulkan : 1) Pihak guru pendidikan agama hindu dan budi pekerti dalam memahami pendekatan SCL, 2) Proses penerapan pendekatan SCL pada mata pelajaran pendidikan agama hindu dan budi pekerti dalam membangun karakter siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kuta Utara Kabupaten Badung 3) Implikasi pendekatan SCL pada mata pelajaran pendidikan agama hindu dan budi pekerti terhadap perubahan sikap siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kuta Utara, Kabupaten Badung

References

Anatasia, R., Idris, M., & Prasrihamni, M. (2025). Analisis Peran Keluarga Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa SD Negeri 5 Ngulak. Jurnal Lensa Pendas, 10(1), 87-95.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11, 1-17.
Hakim, A. R. (2020). Analisis Perbandingan Karakter Menghargai Prestasi Siswa Sekolah Menengah Atas. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 13(1), 57.
Hardianto, H., Baharuddin, M. R., & Safitri, R. D. (2024). Analisis kemampuan literasi numerasi terhadap pendidikan karakter mandiri pada siswa sekolah dasar. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 80-91.
Hoerudin, C. W. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Anak Melalui Pendekatan Student Centered Learning. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 128-136.
Lestari, S. P., Dewi, R. S., & Junita, A. R. (2024). Menumbuhkan kreativitas tanpa batas: strategi inovatif sekolah dalam mengembangkan karakter kreatif siswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 358-364.
Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Jujur. Nusamedia.
Ningrum, C. H. C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69-78.
Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., ... & Husen, W. R. (2020). Pengantar pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar. Edu Publisher.
Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2022). Pengembangan karakter religius peserta didik berbasis keteladanan guru dalam pembelajaran PAI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(001), 273-288
Published
2025-04-25