PENGARUH EXTERNAL PRESSURE, QUALITY OF EXTERNAL AUDITOR, AUDIT OPINION, CHANGE OF DIRECTOR, DAN FREQUENT NUMBER OF CEO’S PICTURE TERHADAP FINANCIAL STATEMENT FRAUD DALAM PERSPEKTIF FRAUD PENTAGON PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDO

  • I Made Alit Putra Utama Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Wayan Yuniasih Universitas Hindu Indonesia
Keywords: External Pressure, Quality of External Auditor, Audit Opinion, Change of Director, Frequent Number of Ceo’s Picture, Fraud Pentagon, Financial Statement Fraud.

Abstract

Financial Statement Fraud ialah penyajian salah secara sengaja dilakukan di laporan keuangan agar bisa menipu para pengguna laporan keuangan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah pengaruh External Pressure, Quality of External Auditor, Audit Opinion, Change of Director, dan Frequent Number of Ceo’s Picture terhadap financial statement fraud dalam perspektif Fraud Pentagon pada perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. Dimana peneliti ingin mengetahui pengaruh External Pressure, Quality of External Auditor, Audit Opinion, Change of Director, dan Frequent Number of Ceo’s Picture terhadap financial statement fraud dalam perspektif Fraud Pentagon.

Penelitian dilakukan pada perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. Sampel yang digunakan sejumlah 41 perusahaan selama 3 tahun penelitian yang menjadi 123 perusahaan selama 3 tahun di Bursa Efek Indonesia, dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan ialah uji regresi berganda..

Berdasarkan hasil analisis uji regresi berganda, detemukan bahwa variabel external pressure berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial statement fraud. Selanjutnya variabel Quality of External Auditor dan Audit Opinion tidak berpengaruh signifikan terhadap financial statement fraud. Change of Director berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial statement fraud. Sedangkan, Frequent Number of Ceo’s Picture tidak berpengaruh signifikan terhadap financial statement fraud. External pressure mengindikasikan bahwa apabila perusahaan melakukan external pressure hal tersebut akan mempengaruhi terjadi nya financial statement fraud. Quality of External Auditor dan Audit Opinion mengindikasikan bahwa apabila perusahaan melakukan Quality of External Auditor dan Audit Opinion sekalipun tidak akan mempengaruhi tindakan financial statement fraud dalam suatu perusahaan. Change of Director mengindikasikan bahwa pergantian direktur dalam suatu perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja perusahaan maupun tindakan financial statement fraud. Frequent Number of Ceo’s Picture mengindikasikan bahwa dengan adanya foto CEO yang sering dipajang pun tidak akan mempengaruhi tindakan financial statement fraud dalam suatu perusahaan.

 

Published
2021-10-28
How to Cite
Putra Utama, I. M. A., & Yuniasih, N. W. (2021). PENGARUH EXTERNAL PRESSURE, QUALITY OF EXTERNAL AUDITOR, AUDIT OPINION, CHANGE OF DIRECTOR, DAN FREQUENT NUMBER OF CEO’S PICTURE TERHADAP FINANCIAL STATEMENT FRAUD DALAM PERSPEKTIF FRAUD PENTAGON PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDO. Hita Akuntansi Dan Keuangan, 2(4), 437-454. https://doi.org/10.32795/hak.v2i4.2030

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>