Pengaruh Modal Usaha, Literasi Keuangan Dan Digital Marketing Terhadap Keberlanjutan UMKM Di Kota Denpasar

  • Ni Kadek Asri Pramesti Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Made Wisni Arie Pramuki
  • Ni Putu Yeni Yuliantari
Keywords: Business Capital, Financial Literacy, Digital Marketing, MSME Sustainability

Abstract

The objective of this research to empirically analyze the impact of  entrepreneurial, education finansial and digital marketing to sustainability of micro, small and medium-sized enterpreses MSMEs to Denpasar City. In determining the sample, the researchers Slovin formula of 100 respondents using probability sampling using stratified random samplings. PLS-based structural equation models analyze data. The dinding d of The study enterprise capital variables have a positive but non impact on business sustainability, while financial edication dand digital marketing variables significant positive impact on enterprise sustainability. 

References

Ari, Susanti, E. (2019). Literasi keuangan pemilik usaha dan keberlanjutan bisnis pada

UMKM Rotan Desa Trangsan, Jawa Tengah. Buletin Bisnis Dan Manajemen.

Lestari, G. A. T. I., & Dewi, R. S. (2021). Pemetaan strategi pengelolaan keuangan dan

keberlanjutan usaha kerajinan genteng Pejaten selama pandemi Covid-19: Kasus

studi di UD. Surya Indah, Desa Pejaten, Tabanan.Jurnal Akuntansi Profesi,

(2), 318-330.

Mufidah, N. H., & Isfaatun, E. (2023, August). Faktor-faktor yang memengaruhi

keberlanjutan UMKM melalui literasi keuangan, modal usaha, dukungan

pemerintah, dan pemasaran digital.In Prosiding Seminar SeNTIK (Vol. 7, No. 1,

pp. 323-333).

Solikha, A. M. (2022). Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Modal Usaha,Kreativitas, dan

Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Keberlanjutan UMKM di Kota Malang.

Trisnadewi, N. K. (2022). Dampak pemahaman akuntansi, literasi keuangan,modal

usaha, kreativitas, dan penggunaan media sosial padakelangsungan UMKM di

Kecamatan Negara.

Widowati. (2020). Dampak sifat-sifat wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran, dan

inovasi terhadap pertumbuhan UMKM

Published
2024-10-31
How to Cite
Pramesti, N. K. A., Arie Pramuki, N. M. W., & Yuliantari, N. P. Y. (2024). Pengaruh Modal Usaha, Literasi Keuangan Dan Digital Marketing Terhadap Keberlanjutan UMKM Di Kota Denpasar. Hita Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 13-22. https://doi.org/10.32795/hak.v5i4.5898