Pengaruh Modal Usaha, Literasi Keuangan Dan Digital Marketing Terhadap Keberlanjutan UMKM Di Kota Denpasar
Abstract
The objective of this research to empirically analyze the impact of entrepreneurial, education finansial and digital marketing to sustainability of micro, small and medium-sized enterpreses MSMEs to Denpasar City. In determining the sample, the researchers Slovin formula of 100 respondents using probability sampling using stratified random samplings. PLS-based structural equation models analyze data. The dinding d of The study enterprise capital variables have a positive but non impact on business sustainability, while financial edication dand digital marketing variables significant positive impact on enterprise sustainability.
References
Ari, Susanti, E. (2019). Literasi keuangan pemilik usaha dan keberlanjutan bisnis pada
UMKM Rotan Desa Trangsan, Jawa Tengah. Buletin Bisnis Dan Manajemen.
Lestari, G. A. T. I., & Dewi, R. S. (2021). Pemetaan strategi pengelolaan keuangan dan
keberlanjutan usaha kerajinan genteng Pejaten selama pandemi Covid-19: Kasus
studi di UD. Surya Indah, Desa Pejaten, Tabanan.Jurnal Akuntansi Profesi,
(2), 318-330.
Mufidah, N. H., & Isfaatun, E. (2023, August). Faktor-faktor yang memengaruhi
keberlanjutan UMKM melalui literasi keuangan, modal usaha, dukungan
pemerintah, dan pemasaran digital.In Prosiding Seminar SeNTIK (Vol. 7, No. 1,
pp. 323-333).
Solikha, A. M. (2022). Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Modal Usaha,Kreativitas, dan
Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Keberlanjutan UMKM di Kota Malang.
Trisnadewi, N. K. (2022). Dampak pemahaman akuntansi, literasi keuangan,modal
usaha, kreativitas, dan penggunaan media sosial padakelangsungan UMKM di
Kecamatan Negara.
Widowati. (2020). Dampak sifat-sifat wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran, dan
inovasi terhadap pertumbuhan UMKM